2 Kereta Swiss Bertabrakan di Jalur yang Sama

Dua Kereta Swiss yang Bertabrakan

Kondisi 2 Kereta di Lokasi Kejadian (foto: news.com.au)

BERN kereta lagi-lagi terjadi, kini di Swis Barat. Dua dari arah berlawanan bertabrakan di jalur yang sama. Kecelakaan ini mengakibatkan 35 orang penumpang mengalami luka-luka dan satu orang lainnya terjebak di dalam gerbong.

“Sedikitnya 35 orang terluka, 5 di antaranya dalam kondisi serius setelah 2 kereta bertabrakan di Swiss barat,” kata seorang polisi di lokasi kejadian, seperti dimuat pada News.com.au, Selasa (30/7/2013).

Menurut penjelasan polisi, kedua kereta tersebut bertabrakan di dekat stasiun Granges-pers-Manard sekitar pukul 07.00 malam waktu setempat, 50 kilometer barat daya Ibukota Bern.

Polisi melanjutkan, salah satu kereta, saat itu sedang menuju Lausanne, sekita 38 kilometer ke arah selatan. Sedagkan kereta lainnya sedang melakukan perjalanan ke arah utara dari kota yang sama di jalur yang sama pula.

Dari foto-foto yang diambil di lokasi kejadian, terlihat 2 itu ringsek parah di bagian depan akibat saling hantam. Akibat hantaman yang keras tersebut juga mengakibatkan sebagian gerbong keluar dari jalur rel.

Polisi mengatakan, beberapa ambulans, pemadam kebakaran, dan helikopter penyelamat telah di kerahkan dalam proses penyelamatan dan evakuasi.
“Namun tim penyelamat belum mampu menjangkau kabin masinis salah satu kereta,” kata polisi di negara bagian Vaud dalam sebuah pernyataan secara lisan.

Patricia Claivaz, salah seorang wakil dari perusahaan Swiss, CFF, mengatakan ada seorang pria yang masih terjebak yang diduga masinis. “Tetapi tidak jelas apakah ia masih hidup,” ujarnya.

Polisi juga mengungkapkan, saat ini 5 orang yang terluka parah telah di bawa ke rumah sakit di kota terdekat Lausanne untuk mendapat perawatan intensif. Begitu pula dengan korban cedera lainnya.

Sistem Swiss dianggap sebagai yang terbaik dan teraman di dunia. Karena anggapan itu, terjadinya kecelakaan dua ini merupakan hal yang langka.

Dinar Firda Rosa
S1 Pend. Teknik Informatika Universitas Negeri Malang | Angkatan 2011 | Malang, Jawa Timur

Leave a comment

Your email address will not be published.

*