Ahok Bertekad Bangun Kereta LRT Jakarta-Bekasi Tanpa Dana APBD

LRT di malaysia

– Pemprov DKI berencana menerapkan transportasi Light Rail Transit () atau rel listrik dengan gerbong pendek. Rute LRT yang direncanakan yaitu dari Jakarta-. Namun rencana tersebut masih terkendala masalah pembangunan yang telah ditolak .

Meski begitu, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menegaskan akan tetap membangun tersebut. Caranya adalah dengan melalui kerja sama dengan daerah mitra dan dana dari kewajiban 20 persen Koefisien Luas Bangun (KLB) para pengembang.

“Kita nggak pakai APBD, tapi pakai kelebihan KLB kepada pengembang,” ungkap di Balaikota DKI seperti dikutip Liputan6.com, Jumat (9/1/2015).

LRT merupakan bagian dari Mass Rapid Transit (MRT) yang direncanakan Pemprov DKI untuk mengangkut penumpang dalam jumlah banyak dengan cara cepat. LRT tersebut rencananya akan dibangun hingga Bekasi. Rutenya yakni dari pesisir utara, Kota Tangerang – Bandara Soekarno Hatta – Ancol – PRJ Kemayoran – Pulogadung – Bekasi.

Seluruh rencana pembangunan proyek LRT tersebut baru akan didiskusikan dengan daerah mitra yang akan dilintasi rute LRT.

“Transportasi massal sama, light trail kita sampai Bekasi. Tahun ini kita mau diskusikan. Titiknya di mana,” jelas Ahok.

Sebelumnya, DPRD DKI menolak penganggaran proyek LRT dalam rapat Badan Anggaran (Banggar) yang dilaksanakan pada Kamis, 18 Desember 2014 kemarin. Lembaga parlemen daerah itu menilai, konsep integrasi moda transportasi itu masih belum jelas. Selain itu, rincian mengenai Amdal (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan), DED (Detailed Engineering Design), dan PSO (Public Service Obligation) dari pengoperasionalan LRT juga masih dipertanyakan.