Akhir Pekan, KAI Semarang Operasikan Kereta Tambahan Rute Bandung & Jakarta

KAI Semarang

– Untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat saat akhir pekan, PT Api Indonesia () Daop 4 Semarang menyiapkan 2 untuk relasi dan . Menurut Manajer Humas Daop 4 Semarang, Edy Kuswoyo, pengoperasian KA ini dilakukan dalam rangka mengantisipasi lonjakan penumpang.

“Mengingat tingginya permintaan masyarakat dari Semarang yang hendak bepergian ke kedua kota tersebut menggunakan angkutan KA pada saat akhir pekan,” tutur Edy di Semarang, Kamis (4/5).

KAI Daop 4 Semarang mengoperasikan 2 KA tambahan, antara lain KA Ciremai Tambahan jurusan Semarang Tawang – Bandung PP dan KA KLB Tambahan Semarang Tawang – Gambir PP. Kedua kereta api tambahan ini terdiri dari rangkaian kereta kelas eksekutif dengan kapasitas 100 tempat duduk, 3 kereta kelas ekonomi new image dengan kapasitas 240 tempat duduk, dan 2 kereta kelas ekonomi new image khusus difabel berkapasitas 128 tempat duduk.

“Kami terus melakukan inovasi dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada para pengguna jasa kereta api terutama untuk penumpang berkebutuhan khusus. Kereta difabel tersebut terdapat tempat duduk dan toilet khusus,” ujar Edy.

KA Ciremai Tambahan akan dijalankan pada Sabtu (6/5) dan dijadwalkan berangkat dari Semarang Tawang pukul 06.55 WIB dan sampai di Bandung pukul 15.15 WIB. Kemudian KA Ciremai Tambahan akan kembali berangkat dari Bandung jam 18.25 WIB dan tiba di Semarang Tawang pukul 02.25 WIB. kereta dari Semarang ke Bandung adalah Rp 260 ribu untuk kelas Eksekutif dan Rp 130 ribu untuk kelas ekonomi.

Sementara itu KLB Tambahan akan beroperasi pada Minggu (7/5) dan berangkat dari Semarang Tawang pukul 16.50 WIB, kemudian tiba di Gambir pukul 23.03 WIB. KLB Tambahan akan berangkat lagi dari Gambir pada Senin (8/5) pukul 13.45 WIB dan sampai di Semarang Tawang jam 19.58 WIB. Harga tiket KA Semarang ke Jakarta Rp 310 ribu (Eksekutif) dan Rp 240 ribu (Ekonomi).

Di samping itu KAI juga menerapkan tarif parsial untuk KA Ciremai Tambahan keberangkatan Semarang Tawang/Semarang Poncol tujuan Pekalongan, Pemalang, Tegal, dan Cirebon dengan tarif Rp 160 ribu (Eksekutif) dan Rp 80 ribu (Ekonomi). Sedangkan kereta tujuan Jatibarang tarifnya Rp 210 ribu (Eksekutif) dan Rp 105 ribu (Ekonomi). Tarif parsial ini juga berlaku untuk tujuan sebaliknya.

Para penumpang juga diimbau waspada terhadap tiket kereta api palsu untuk mudik Lebaran. Oknum pemalsu tiket kereta api kabarnya telah ditangkap dengan barang bukti 33 jenis tiket palsu. “Pelaku akhirnya berhasil ditangkap setelah dijebak sebelumnya oleh korban yang ingin memesan tiket dari pelaku. Di tangan pelaku didapatkan 33 jenis tiket palsu hasil karyanya sendiri,” tandas Senior Manager Humas KAI Daop 1, Suprapto.