Beroperasi Hari Ini, KA Solo-Jogja-Cilacap Tawarkan Promo Harga Tiket

Manager Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Eko Budiyanto

SOLO – Mulai hari ini (26/9), PT Indonesia (PT KAI) DAOP VI Yogyakarta akan mengoperasikan Wijaya Kusuma dengan Solo-Yogyakarta-Cilacap PP. Untuk tahap awal mulai hari ini sampai dengan tanggal 26 Desember 2017 mendatang, perusahaan memberikan sebesar Rp50.000 untuk rute Jogja-Cilacap dan Rp70.000 untuk rute Solo-Cilacap.

“Pembukaan rute baru ini sudah dikaji sejak beberapa waktu lalu. Banyak metode yang telah dilakukan selama pengkajian tersebut, di antaranya polling dengan menyebar kuesioner di tiga kota (Solo, Jogja, dan Cilacap) serta melalui pesan singkat,” ujar Corporate Communication Manager PT KAI DAOP VI, Eko Budiyanto. “Selama ini, belum ada kereta api khusus yang ke Cilacap, biasanya memanfaatkan KA Logawa (rute Purwokerto-Jember) dengan gerbong khusus.”

Eko menambahkan bahwa potensi penumpang untuk rute baru ini cukup beragam, mulai dari mahasiswa, pekerja, hingga wisatawan. Hal tersebut ditambah dengan jalan umum yang makin padat dengan kendaraan sehingga transportasi kereta semakin diminati karena menawarkan ketepatan waktu.

“Rute baru ini memanfaatkan kereta premium yang baru selesai dirakit jelang momen Lebaran lalu dengan kapasitas sekitar 80 penumpang per kereta,” sambung Eko. “Tetapi, kami belum mengetahui secara pasti jumlah gerbong yang akan digunakan dalam satu rangkaian kereta Wijaya Kusuma ini.”

Menurut rencana, perjalanan perdana KA Wijaya Kusuma bakal dilakukan pada hari ini pukul 14.10 WIB dari Stasiun Cilacap. Perjalanan perdana kereta api tersebut dijadwalkan berhenti di Stasiun Maros, Stasiun Kroya, Stasiun Gombong, Stasiun Kebumen, Stasiun Prembun, Stasiun Kutoarjo, Stasiun Wates, dan terakhir di Stasiun Yogyakarta.

Seperti diuraikan sebelumnya, untuk tahap awal, masyarakat akan dimanjakan dengan program harga tiket promo yang berlaku mulai hari ini hingga tanggal 26 Desember 2017 mendatang. Dalam masa promo ini, harga tiket KA Wijaya Kusuma relasi Jogja-Cilacap dibanderol Rp50 ribu per seat dan rute Solo-Cilacap dibanderol Rp70 ribu per seat.

Di samping itu, PT KAI DAOP VI juga menyediakan tarif spesial untuk rute jarak dekat Kutoarjo-Yogyakarta dengan tarif Rp25 ribu per seat, Kroya-Cilacap dengan tarif Rp20 ribu per seat, dan Yogyakarta-Solo dengan tarif Rp40 ribu per penumpang. Pemesanan tiket bisa dilakukan 90 hari sebelum keberangkatan di loket stasiun, channel eksternal, maupun aplikasi.