Butuh Kerja? PT KAI Buka Lowongan untuk Lulusan SMA/Sederajat

Senior Manager Humas PT KAI DAOP I Jakarta, Suprapto - news.akurat.co

JAKARTA - Kabar gembira bagi Anda yang berminat melanjutkan karier di bidang . Pasalnya, PT Indonesia (PT KAI) kembali membuka lowongan pekerjaan bagi putra-putri Indonesia untuk berkarier di perseroan. Kali ini, milik pemerintah tersebut membuka rekrutmen untuk lulusan SMA dan sederajat.

Menurut Manager Humas PT KAI DAOP I Jakarta, Suprapto, formasi pekerjaan yang dibutuhkan dalam rekrut eksternal ini di antaranya calon masinis, pengatur perjalanan kereta api (PPKA), pengawas peron (PAP), petugas rumah sinyal (PRS), petugas wesel (PJW), petugas langsir (PLR), petugas pemeliharaan sintelis dan LAA, petugas pemeliharaan sarana, serta petugas Pemeliharaan Rel dan Jembatan.

“Dalam rekrutmen kali ini, para peserta harus mengikuti beberapa tahapan seleksi untuk dapat lolos bekerja di PT KAI, seperti seleksi administrasi, seleksi kesehatan awal, seleksi psikologis, seleksi wawancara, dan seleksi kesehatan akhir,” jelas Suprapto. “Yang perlu diperhatikan, PT KAI tidak pernah memungut biaya apa pun dalam proses rekrutmen. Bagi para pelamar dimohon untuk mengabaikan pihak-pihak yang menjanjikan dapat membantu meluluskan rekrutmen serta PT KAI tidak menerima lamaran dalam bentuk surat-menyurat.”

Untuk persyaratannya, seperti dilaporkan Tempo, para pelamar harus warga negara Indonesia berjenis kelamin pria, sehat jasmani dan rohani, tidak buta warna, serta berkelakuan baik yang dibuktikan dengan surat keterangan dari kepolisian yang masih berlaku. Pelamar juga harus memiliki ijazah setingkat SMA dan sederajat dengan nilai UAN rata-rata paling rendah 6,0, serta usia serendah-rendahnya 18 tahun per 1 Agustus 2017 dan setinggi-tingginya 25 tahun per 1 Agustus 2017.

Sementara itu, mengenai persyaratan fisik, kriteria yang dibutuhkan untuk calon masinis dan pengatur perjalanan kereta api adalah memiliki tinggi badan minimal 165 cm dengan berat badan ideal. Adapun untuk posisi petugas rumah sinyal, petugas wesel, pengawas peron, petugas langsir, dan petugas pemeliharaan sintelis, memiliki tinggi badan sekurang-kurangnya 163 cm dengan berat badan ideal. Sisanya, untuk formasi tenaga pemeliharaan sarana, sintelis dan prasarana, memiliki tinggi badan minimal 160 cm dengan berat badan ideal.

lebih jelas mengenai lowongan kerja ini akan disampaikan dalam PT KAI mulai tanggal 24 Juli 2017 mendatang. Para calon pelamar dapat langsung mengajukan lamaran terhitung mulai tanggal 24 Juli sampai 30 Juli 2017. Namun, para calon pelamar sudah dapat melakukan registrasi dan melakukan upload berkas persyaratan umum lamaran mulai tanggal 20 Juli 2017 di alamat www.recruitment.kai.id.