Gandeng Kementerian Keuangan, LRT Medan Segera Dibangun

LRT Medan Segera Dibangun

- Tidak lama lagi, masyarakat di Kota Medan berkesempatan untuk merasakan naik angkutan moda light rail transit (). Pasalnya, pembangunan yang merupakan bagian dari massal Provinsi Sumatera Utara tersebut bakal segera diwujudkan setelah ada penandatanganan kerja sama antara Kota Medan dengan Kementerian Keuangan.

Pada akhir pekan lalu, Pemerintah Kota Medan dan Kementerian Keuangan melakukan penandatanganan kesepakatan terkait penyediaan penyiapan proyek dan pendampingan pada proyek pada proyek transportasi massal di Medan, yaitu Proyek Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) Transportasi Kota (Urban Transport) Medan. Hal tersebut sebagai tindak lanjut dari penyusunan kajian awal pra-studi kelayakan pembangunan LRT Kota Medan.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Keuangan karena telah menyanggupi permintaan Pemerintah Kota Medan memberikan bantuan fasilitas penyiapan proyek dan pendampingan transaksi pada proyek infrastruktur,” kata Walikota Medan, Dzulmi Eldin. “Hal itu sebagai tindak lanjut dari penyusunan kajian awal pra-studi kelayakan pembangunan LRT Kota Medan yang difasilitasi pihak Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional pada tahun lalu.”

Ditambahkan Eldin, Pemerintah Kota Medan memiliki kebijakan dan strategi untuk menerapkan sistem angkutan umum massal yang modern dan terpadu sesuai dengan RPJMD 2016-2021 dan RTRW Kota Medan tahun 2031. Dengan penyediaan system angkutan umum massal melalui pola KPBU ini, diharapkan dapat menjawab tantangan manajemen kebutuhan perjalanan transportasi masyarakat perkotaan secara inklusif dan berkelanjutan.

“Proyek ini rencananya akan ditawarkan kepada badan usaha pelaksana yang berpotensi membiayai, merancang, membangun, mengoperasikan dan memelihara infrastruktur, serta menyerahkan kembali infrastruktur transportasi pada akhir masa kerja sama,” sambung Eldin. “Keberhasilan proyek diharapkan menjadi pemicu pengembangan jaringan prasaran transportasi lainnya di Kota Medan.”