Jadwal Dirilis, Kereta Bandara Layani Rute Sudirman Baru-Stasiun Soetta

heru-kuswanto-railink

JAKARTA – Internasional Soekarno-Hatta kabarnya sudah siap dioperasikan pada awal tahun 2018 mendatang. Direncanakan melayani lima , untuk tahap awal, moda tersebut akan melakukan dengan dari Stasiun Sudirman Baru menuju Stasiun Soekarno-Hatta, dan sebaliknya.

Untuk perjalanan pertama, kereta bakal berangkat dari Stasiun Sudirman Baru pada pukul 03.21 WIB dan tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada pukul 04.18 WIB, sedangkan perjalanan terakhir berangkat pukul 22.51 WIB dan tiba pada pukul 23.48 WIB. Sementara, dari Bandara Soekarno-Hatta, perjalanan paling awal berangkat pukul 04.00 WIB dan tiba di Stasiun Sudirman Baru pukul 05.36 WIB, serta perjalanan terakhir bertolak pukul 00.40 WIB dan tiba pukul 01.36 WIB.

“KA Bandara Soekarno-Hatta ini nantinya akan melayani di lima stasiun, yaitu Stasiun Manggarai, Stasiun Sudirman Baru, Stasiun Duri, Stasiun Batu Ceper, dan Stasiun Bandara Soekarno-Hatta,” jelas Direktur Utama PT Railink, Heru Kuswanto. “Namun, pada awal pengoperasian, kami akan melayani di dua stasiun terlebih dahulu, yaitu Stasiun Sudirman Baru dan Stasiun Bandara Soekarno-Hatta.”

Sementara, untuk pemesanan tiket kereta Bandara Soekarno-Hatta ini, perusahaan telah mengembangkan sistem tersendiri yang dinamakan Airport Railways Ticketing System (ARTS). Sistem transaksi tiket ini dilakukan secara non-tunai melalui aplikasi, pemesanan daring (internet booking), dan mesin penjualan (vending machine).

“Vending machine telah kami siapkan di masing-masing stasiun,” sambung Heru. “Sementara, untuk mobile aplikasi dan internet booking, nanti akan kami rilis pada hari peresmian kereta Bandara Soekarno-Hatta.”

Perusahaan sendiri telah menyiapkan 10 train set kereta Bandara Soekarno-Hatta dengan kapasitas 33 ribu penumpang setiap harinya. Satu train set nantinya terdiri dari enam kereta yang mampu mengangkut hingga 272 penumpang. Angkutan ini didukung pendingin udara (full AC), pengisi daya gadget (charging port), toilet terpisah antara pria dan wanita, bagasi khusus untuk menempatkan barang bawaan, serta empat layar TV LED untuk hiburan dan informasi.

Sementara, untuk stasiun, telah dilengkapi dengan fasilitas seperti mesin penjual tiket, gerbang tempel tiket (tapping gate), eskalator, ATM, ruang tunggu, gerai dan toko, ruang pertemuan, toilet, dan musala. Khusus untuk stasiun di Bandara Soekarno-Hatta, dilengkapi juga dengan konektivitas ke gedung yang terintegrasi atau integrated building dan Skytrain.