Stasiun Kertapati Sumatera Selatan

Stasiun Kertapati (KPT) yang terletak di Palembang menjadi ibukota perkeretaapian di Divisi Regional 3.1 Selatan. Stasiun Kertapati berada di atas pertemuan Sungai Ogan dan Musi, dan merupakan salah satu dari 2 stasiun ujung di Selatan. Melalui stasiun ini, setiap harinya ribuan penumpang melakukan perjalanan daerah-daerah di Selatan.

Berikut adalah Jadwal lengkap yang melayani keberangkatan dari stasiun Kertapati yang dirangkum berdasarkan jadwal Gapeka terbaru tahun 2015:

Nama KA Stasiun Keberangkatan Stasiun Kedatangan Waktu Keberangkatan Waktu Kedatangan
Sriwijaya (S1) Kertapati Tanjung Karang 21.00 09.05
Sindang Marga (S3) Kertapati Lubuk Linggau 20.00 03.25
Rajabasa (S7) Kertapati Tanjung Karang 08.30 19.41
Bukit Serelo (S5) Kertapati Lubuk Linggau 09.30 16.30

Sementara untuk arah sebaliknya, berikut adalah Jadwal lengkap Kereta api yang beroperasi menuju stasiun Kertapati:

Nama KA Stasiun Keberangkatan Stasiun Kedatangan Waktu Keberangkatan Waktu Kedatangan
Sriwijaya (S2) Tanjung Karang Kertapati 21.00 08.58
Sindang Marga (S4) Lubuk Linggau Kertapati 20.00 04.02
Rajabasa (S8) Tanjung Karang Kertapati 08.30 18.15
Bukit Serelo (S6) Lubuk Linggau Kertapati 09.30 16.40
  • Kereta api Limited Express (Limex) Sriwijaya merupakan kereta api Eksekutif-Bisnis yang melayani koridor Stasiun Kertapati-Stasiun Tanjungkarang. Stasiun-stasiun yang disinggahi antara lain stasiun Kertapati, Lembak, Prabumulih, Tanjung Rambang, Talang Baru, Peninjawan, Blimbing Air Kaka, Lubuk Batang, Batu Raja, Air Tuba, Martapura, Giham, Blambangan Umpu, Tulang Buyut, Kotabumi, Haji Pemanggilan, Bekri, Gedung Ratu dan Tanjung Karang.
  • Kereta api Sindang Marga merupakan kereta api Eksekutif – Bisnis yang melayani Kertapati – Stasiun Lubuklinggau PP yang singgah di stasiun Lubuk Linggau, Tebing Tinggi, Lahat, Muara Enim, Prabumulih, Glumbang, Payakabung dan Kertapati.
  • Kereta Api Rajabasa adalah KA kelas ekonomi rute Kertapati – Tanjungkarang. Stasiun-stasiun yang disinggahi yaitu Tanjung Karang, Rejo Sari, Tegineneng, Bekri, Sulusuban, Kotabui, Ketapang, Negara Ratu, Tulung Buyut, Negeri Agung, Blambangan Umpu, Way Tuba, Martapura, Sungai Tuha, Gilas, Batu Raja, Blimbing Air Kaka, Peninjawan, Prabumulih, Glumbang dan Kertapati.
  • Kereta api Serelo atau Bukit Serelo merupakan KA kelas Ekonomi Ac yang melayani koridor Kertapati-Lubuklinggau dengan melewati stasiun Kertapati, Prabumulih, Muara Enim, Lahat, Tebing Tinggi dan Lubuk Linggau.