Jadwal Kereta Api di Stasiun Solo Jebres

stasiun-solo-jebres

Stasiun Solo Jebres atau Stasiun Solojebres (SK) atau Setasiun Sala Jebres, merupakan stasiun yang terletak di Jl. Ledoksari No. 1, Purwadiningratan, Jebres, , Jawa Tengah. Stasiun yang terletak pada ketinggian 97 m di atas permukaan laut ini berada di bawah manajemen PT Daerah Operasi 6 Yogyakarta.

Stasiun yang didirikan pada tahun 1884 oleh Staatsspoorwegen ini merupakan stasiun besar untuk Staatsspoorwegen. Stasiun Solo Jebres terletak di daerah kekuasaan Kasunanan Surakarta. Dahulu, semua kereta api berhentidi sini. Selain itu, di dekat stasiun ini terdapat sebuah terminal peti kemas yang kini tak lagi aktif.

Seiring dengan berjalannya waktu, Stasiun Solo Jebres ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya oleh pemerintah Kota Solo. Pasalnya, stasiun ini memiliki nilai arsitektural, sejarah, dan budaya yang menggambarkan masa pembangunannya. Pusat Pelestarian Benda dan Bangunan – PT Kereta Api Indonesia (persero) merevitalisasi bangunan tersebut agar mampu dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan akademis dan ekonomis.

Pada tahun 2010, Pusat Pelestarian Benda dan Bangunan telah mengalokasikan anggaran untuk . Dana tersebut digunakan untuk pengecatan dinding dengan warna putih, abu-abu, dan gabungan warna hijau dan prada, serta mengembalikan bentuk ubin lantai seperti semula. tidak bersifat mengubah, melainkan mengembalikan seperti dulu saat masih digunakan oleh pihak Keraton Kasunanan.

Karena itulah, stasiun tersebut kini hanya digunakan untuk kereta api yang akan menuju lintas utara agar tetap berhenti di Solo. Saat ini, Stasiun Solo Jebres hanya melayani kereta ekonomi dari arah utara (Semarang) karena semua kereta api ekonomi dari barat dan timur berhenti di Stasiun Purwosari.

Beberapa kereta api yang berhenti di Stasiun Solo Jebres adalah:

  • KA Brantas, tujuan Jakarta Pasar Senen dan Kediri.
  • KA Matarmaja, tujuan Jakarta Pasar Senen dan Malang.
  • KA Krakatau Ekspres, tujuan Merak dan Kediri.
  • KA Madiun Jaya Ekspres, tujuan Yogyakarta dan Madiun.
  • KA Madiun Jaya, tujuan Yogyakarta dan Madiun.
  • KA Majapahit, tujuan Jakarta Pasar Senen dan Malang.

Berikut jadwal kereta api di Stasiun Solo Jebres berdasarkan GAPEKA 2015.

No KA Nama KA Tujuan Kelas Tiba Berangkat
149 Majapahit Pasar Senen (PSE) Ekonomi AC non-PSO 00.49 00.57
172 Matarmaja Malang Kotabaru (ML) Ekonomi AC 00.53 01.00
176 Brantas Kediri (KD) Ekonomi AC non-PSO 01.54 02.18
150 Majapahit Malang Kotabaru (ML) Ekonomi AC non-PSO 03.26 03.36
175 Brantas Pasar Senen (PSE) Ekonomi AC non-PSO 16.48 16.57
171 Matarmaja Pasar Senen (PSE) Ekonomi AC 23.45 00.02