Jelang Lebaran, Stasiun Gambir & Pasar Senen Mulai Dipadati Penumpang

Stasiun Gambir & Pasar Senen Mulai Dipadati Penumpang

Jakarta – Memasuki H-7 , PT Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta mengungkapkan jika utama di wilayah Jakarta mulai menunjukkan kepadatan yang hendak ke kampung halamannya. Kepadatan ini diperkirakan karena para pelajar telah memasuki musim .

Menurut Senior Manajer Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Suprapto, kenaikan jumlah penumpang ini berlangsung di 2 stasiun keberangkatan awal untuk kereta jarak menengah dan jarak jauh, yakni Stasiun dan . “Di Stasiun Gambir, dengan 28 perjalanan KA reguler dan 12 perjalanan KA tambahan, total kapasitas tempat duduk yang tersedia adalah 16.740 tiket,” jelas Suprapto, Sabtu (17/6) seperti dilansir Sindonews.

Jumlah pemudik yang mulai memadati Stasiun Gambir pada Sabtu kemarin menurutnya mencapai 15.034 penumpang. Jumlah tersebut tak terlalu berbeda dibandingkan hari sebelumnya yang mencapai 13.235 penumpang, dan tanggal 16 Juni 2017 mencapai 15.706 penumpang.

Sedangkan di Stasiun ada sekitar 24 perjalanan KA reguler dan 10 perjalanan KA tambahan dengan total kapasitas tempat duduk sebanyak 26.660 tiket. Jumlah penumpang pada Sabtu kemarin mencapai 24.505 orang. “Pada tanggal 16 Juni sebanyak 25.038 penumpang dan 15 Juni sebanyak 23.905 penumpang,” ucap Suprapto.

Tak hanya melayani arus mudik Lebaran, Stasiun Pasar Senen juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk menghibur para penumpang anak-anak yang mulai memadati stasiun. Humas PT KAI Daop 1 menggaet komunitas pecinta kereta api sebanyak 40 orang untuk menyelenggarakan sejumlah acara hiburan di Stasiun Pasar Senen.

“Acara tersebut di antaranya acara mendongeng, acara mewarnai dan seni melipat kertas miniatur kereta,  serta pemberian berbagai macam hadiah menarik bagi para penumpang cilik yang bisa menghafal 5 surat dalam Al-Quran secara benar,” kata Suprapto.

Dalam sehari pihak KAI menyiapkan sekitar 500 balon, 500 lembar kertas mewarnai, 200 miniatur kertas, dan sejumlah souvenir menarik dalam acara tersebut. “Diharapkan dengan berbagai acara hiburan ini, bisa memberikan kesan positif kepada generasi muda akan massal berbasis rel ini,” tandasnya.