Jumlah Penumpang KRL Jabodetabek Tembus Lebih dari 1 Juta Orang

Direktur Utama PT KCJ, Muhammad Nurul Fadhila - citizen6.liputan6.com

Jakarta – Kereta rel listrik () atau rupanya menjadi salah satu moda transportasi favorit masyarakat Ibu Kota. Berdasarkan data dari PT KAI Commuter (KCJ), pengguna yang dilayani pada Senin (8/5) telah mencapai 1.014.631 penumpang. Perolehan angka tersebut tidak terpaut jauh dari pencapaian sebelumnya pada (5/5) lalu yang mencapai 1.014.696, sekaligus rekor tertinggi sepanjang sejarah beroperasinya KRL di Indonesia.

“Jumlah 1 juta pengguna ini adalah cerminan kepercayaan dan apresiasi masyarakat Jabodetabek pada PT KCJ yang senantiasa berupaya meningkatkan dan kapasitas angkut KRL. Kami mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Jabodetabek dan para pemangku kepentingan atas dukungannya terhadap transportasi publik, khususnya KRL,” ucap Direktur Utama PT KCJ, Muhammad Nurul Fadhila, Selasa (9/5).

Fadhil menuturkan jika rekor ini sejalan dengan tren peningkatan pengguna KRL yang terus mengalami kenaikan pada April 2017 lalu yang rata-rata sekitar 950 ribu penumpang per hari. Selama satu bulan terakhir kenaikan penumpang juga terjadi secara merata di semua stasiun.

Selama beberapa tahun belakangan PT KCJ juga terus berusaha meningkatkan layanan untuk para penumpang KRL. Awal 2016 lalu KCJ juga menjalankan perpanjangan rangkaian dengan mengoperasikan KRL berformasi 12 kereta (SF12) per rangkaian untuk memaksimalkan kapasitas angkut.

Di samping itu PT KCJ juga melakukan perpanjangan peron, perluasan hall stasiun, pembangunan jembatan penyeberangan di Stasiun Tanah Abang yang telah beroperasi dari awal April 2017. Sarana prasarana KRL dilengkapi dengan pembangunan underpass di 6 stasiun, antara lain Stasiun Tebet, Cilebut, Bojonggede, Citayam, Pondok Ranji, dan Sudimara.

“Peningkatan fasilitas untuk transaksi tiket elektronik juga ditingkatkan melalui efektifitas penempatan gate dan penambahan gate di stasiun agar dapat memberikan kemudahan bagi pengguna. Meski banyak yang telah dilakukan, dan mencatat rekor satu juta pengguna dalam satu hari, KCJ tidak akan berhenti meningkatkan pelayanan bagi pengguna. Kami masih terus berupaya untuk mencapai sasaran utama yaitu melayani 1,2 juta pengguna KRL pada tahun 2019 mendatang,” tandasnya.