KA Bangunkarta Tabrak Truk Mogok di Sragen

Solo – Rabu, 17 Juli 2013 sekitar pukul 04.00 WIB telah terjadi kecelakaan antara KA Bangunkarta jurusan Jakarta – Jombang dengan truk pengangkut gulungan kertas di perlintasan Sragen. Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan ini. Tetapi masinis dan asistennya harus dilarikan ke rumah sakit terdekat karena terluka akibat benturan keras dengan badan truk. Kecelakaan ini membuat perjalanan kerete api terganggu.

Kecelakaan ini terjadi tepatnya di perlintasan kereta api Beloran. Truk fuso dengan nopol S 8167 US mogok dan berhenti di tengah perlintasan. KA Bangunkarta yang melaju dari arah Solo tidak dapat menghentikan lajunya dan langsung menabrak truk tersebut.

Sopir truk dan kernetnya telah menyelamatkan diri sebelum kereta datang menyambar truk mereka.

Truk, loko kereta dan gerbong terdepan mengalami kerusakan karena terjadi benturan keras.

Akibatnya masinis kereta, Adi S beserta asistennya, Lutfi dilarikan ke rumah sakit terdekat karena luka akibat benturan ini.

“Masinis Adi S dan asisten masinis Luthfi dilarikan ke RS Islam Amal Sehat Sragen, karena menderita luka. Namun seluruh penumpang selamat perjalanan penumpang diteruskan dengan telah dialihkan ke KA Brantas tujuan Jakarta-Kediri yang berada di belakang Bangunkarta,” jelas Asisten Manajer Humas PT KAI Daops VI Yogyakarta, Luqman Arif kepada detikcom.

Kecelakaan ini membuat perjalanan kereta api setelahnya harus memakai jadwal yang baru. Perjalanan kereta api baru normal setelah pukul 06.00 WIB.

Rangkaian kereta yang rusak dievakuasi oleh pihak PT KA untuk dibawan ke Madiun.

Mirza Pratiwi
Kontributor berita, berasal dari Madiun: pusat pengembangan industri kereta api di Indonesia. Saat ini sedang menyelesaikan kuliah Teknologi Informasi di Universitas Negeri Malang. Penulis yakin bahwa masalah transportasi di Indonesia akan lebih baik jika difokuskan pada pembangunan sistem transportasi masal.

Leave a comment

Your email address will not be published.

*