KA Krakatau Jurusan Merak – Madiun, Armada Baru Angkutan Lebaran 2013

Jakarta – Untuk menghadapi lonjakan pemudik lebaran 2013, Rabu, 10 Juli 2013 Dirjen Perkeretaapian Kementrian Perhubungan mengumumkan akan menambah dua kelas ekonomi . ini diberi nama . Kereta ini akan melayani penumpang untuk jurusan dan sebaliknya .

Dari detikcom, berdasarkan siaran pers Dirjen Perkeretaapian Kemenhub KA Krakatau yang diremiskan memiliki 10 gerbong kereta ekonomi AC dan 1 kereta makan. Dalam 1 rangkaian KA Kratakau ini memiliki kapasitas sebanyak 768 tempat duduk.

Dari 10 gerbong kereta ekonomi AC tersebut, 8 diantaranya untuk penumpang biasa dan 2 lainnya untuk penumpang penyandang cacat.

2 gerbong yang digunakan untuk penyandang cacat ini berisi 128 tempat duduk. 2 gebrong ini dibua untuk memberikan fasilitas kemudahan untuk lansia dan penyandang ketunaan. Selain itu di dalam 2 gerbong khusus ini juga disediakan toilet untuk kaum difabel.

Peresmian 2 kereta ekonomis AC ini merupakan bagian dari pengadaan 50 kereta ekonomi AC yang diberikan kepada (). Lebaran tahun 2012 lalu juga diberi KA Menoreh dengan tujuan Pasar Senen – semarang dan juga 2 rangkaian KA Majapahit I dan Majapahit II  dengan tujuan Pasar Senen – Malang.

Pengadaan kereta ekonomi AC ini memiliki sumber biaya dari dana APBN Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementrian Perhubungan sebesar Rp 174 miliar.

 

Mirza Pratiwi
Kontributor berita, berasal dari Madiun: pusat pengembangan industri kereta api di Indonesia. Saat ini sedang menyelesaikan kuliah Teknologi Informasi di Universitas Negeri Malang. Penulis yakin bahwa masalah transportasi di Indonesia akan lebih baik jika difokuskan pada pembangunan sistem transportasi masal.

Leave a comment

Your email address will not be published.

*