KA Krakatau Jurusan Merak – Madiun, Armada Baru Angkutan Lebaran 2013

Jakarta – Untuk menghadapi lonjakan pemudik lebaran 2013, Rabu, 10 Juli 2013 Dirjen Perkeretaapian Kementrian Perhubungan mengumumkan akan menambah dua kelas ekonomi . ini diberi nama . Kereta ini akan melayani penumpang untuk jurusan dan sebaliknya – Merak.

Dari detikcom, berdasarkan siaran pers Dirjen Perkeretaapian Kemenhub KA Krakatau yang diremiskan memiliki 10 gerbong kereta ekonomi AC dan 1 kereta makan. Dalam 1 rangkaian KA Kratakau ini memiliki kapasitas sebanyak 768 tempat duduk.

Dari 10 gerbong kereta ekonomi AC tersebut, 8 diantaranya untuk penumpang biasa dan 2 lainnya untuk penumpang penyandang cacat.

2 gerbong yang digunakan untuk penyandang cacat ini berisi 128 tempat duduk. 2 gebrong ini dibua untuk memberikan fasilitas kemudahan untuk lansia dan penyandang ketunaan. Selain itu di dalam 2 gerbong khusus ini juga disediakan toilet untuk kaum difabel.

Peresmian 2 kereta ekonomis AC ini merupakan bagian dari pengadaan 50 kereta ekonomi AC yang diberikan kepada (). Lebaran tahun 2012 lalu juga diberi KA Menoreh dengan tujuan Pasar Senen – semarang dan juga 2 rangkaian KA Majapahit I dan Majapahit II  dengan tujuan Pasar Senen – Malang.

Pengadaan kereta ekonomi AC ini memiliki sumber biaya dari dana APBN Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementrian Perhubungan sebesar Rp 174 miliar.