KA Menoreh Pagi Dihapus, KAI Undur Jadwal Keberangkatan KA Menoreh Malam

pasarsenen

Jakarta – PT Kereta Api Indonesia (KAI) berupaya untuk memaksimalkan layanan dan kinerja mereka di bidang darat. Salah satunya dengan tak lagi mengoperasikan beberapa kereta dan melakukan perubahan sejumlah KA.

Senior Manager Humas PT KAI Daop I Jakarta, Sapto Hartoyo menuturkan, sejumlah kereta terpaksa dihentikan kegiatan operasionalnya lantaran tingkat okupansi-nya (keterisian) tidak memenuhi target. Hal itulah yang menjadi salah satu penyebab kinerja KAI kurang efisien.

“Untuk Menoreh Pagi memang tidak dioperasikan lagi karena okupansi atau keterisian rendah. Ini tidak akan dioperasikan lagi mulai 4 Oktober 2016,” ujar Sapto.

KA Menoreh Pagi adalah kereta kelas -Stasiun Tawang . KA Menoreh biasanya berangkat dari Pasar Senen mulai pukul 07.15 WIB.

Tak hanya menghentikan KA Menoreh Pagi, KAI juga mengganti jadwal KA Menoreh Malam. Jika KA Menoreh Malam biasanya berangkat dari Pasar Senen Jakarta jam 19.45 WIB, maka kini akan diundur jadi jam 20.25 WIB.

Sapto menjelaskan, para penumpang selama ini ternyata lebih senang bepergian dengan kereta api pada sore atau malam hari. Inilah alasan yang menyebabkan tingkat okupansi kereta semacam Menoreh Pagi hanya berada di bawah 50%.

“Orang-orang lebih suka berangkat sore atau malam,” paparnya. “Untuk yang ganti jam dimaksudkan karena selama ini para penumpang tiba di Semarang masih terlalu dini hari, jadi mayoritas penumpang yang ke Kudus, Demak, Salatiga, dan lainnya belum ada ,” sambung Sapto.

Jadwal keberangkatan baru untuk KA Menoreh Malam berlaku efektif mulai tanggal 3 Oktober 2016 mendatang. “Tujuannya mempermudah penumpang untuk sampai ke tempat tujuan,” jelasnya.

Di samping itu, pihak KAI juga akan mengganti rangkaian KA Fajar Utama dan Senja Utama relasi Pasar Senen-. Dua kereta kelas bisnis ini akan mulai menggunakan rangkaian baru pada 28 September 2016 depan.

4 thoughts on “KA Menoreh Pagi Dihapus, KAI Undur Jadwal Keberangkatan KA Menoreh Malam

  1. Masih belum masuk akal saya…kereta legendaris senja utama semarang jakarta…diganti menoreh…kemudian di hapus. Padahal itu andalan kami para pelaju kerja semarang jakarta pp tiap minggu. Sungguh tega. Tolong dikembalikan. Kereta adalah milik negara…jangan semata mata perhitungan faktor ekonomi.

  2. Berarti KA Ambarawa Ekspres jurusan Semarang – Surabaya pp itu menggunakan rangkaian KA Menoreh Siang (Semarang – Jakarta) – KA Menoreh Malam (Jakarta – Semarang). Tapi karena KA Ambarawa Ekspres membawa rangkaian kereta Kelas Ekonomi AC Sentral, jadi harga tiketnya jadi lebih mahal daripada KA Maharani yang membawa rangkaian kereta Kelas Ekonomi AC PSO dengan jarak tempuh yang sama.

  3. benar sekali pak sugeng bagi PT KAI tolong kembalikan KA FAJAR DAN SENJA SEMARANG karena kereta bisnis itu lebih nyaman dari pada KA MENOREH dan harganya pun lebih murah saya sebagai pecinta KERETA API …. kalau mau merubah jadwal mah mendingan jadwal KA ARGO SINDORO… terimakasih…. maaf kalau ada salah kata dan tulis

  4. Memang Kereta Penumpang Kelas Bisnis lebih nyaman hampir dari setiap aspeknya dibandingkan Kereta Kelas Ekonomi PSO, Ekonomi AC Sentral, apalagi dibandingkan dengan Kereta Kelas Ekonomi “New Image” 2016. Mungkin lebih baik PT KAI dan PT INKA menawarkan Kereta Penumpang Kelas Bisnis “New Image”. Masyarakat umum akan lebih senang dan PT KAI justru bisa meraup laba perusahaan lebih banyak daripada mengoperasikan Kereta Ekonomi 2016.

Comments are closed.