KAI Daop 5 Siap Operasikan KA Premium Relasi Cilacap-Yogyakarta PP

Ixfan Hendriwintoko, Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto - www.antarajateng.com

Purwokerto – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 5 Purwokerto berencana untuk mengoperasikan kereta api premium Cilacap-Yogyakarta PP. Pengoperasian KA Premium ini dijadwalkan setelah Hari Raya Idul Adha 2017.

“Semula KA Premium tersebut akan diluncurkan pada tanggal 1 September 2017. Namun, karena bertepatan dengan Hari Raya Iduladha, rencana peluncurannya akan kami ulang sampai ada kabar dari kantor pusat. Sejauh ini belum ada kabar lagi,” ungkap Ixfan Hendriwintoko, Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Kamis (10/8), seperti dilansir Republika.

Hingga kini pihak Daop 5 Purwokerto juga masih menanti keputusan nama dan yang cocok untuk KA Premium rute Cilacap-Yogyakarta tersebut. Daop 5 Purwokerto mengusulkan beberapa nama seperti Nusakambangan yang merupakan pulau di sebelah selatan Kota Cilacap dan Pasir Luhur yang selama ini lekat dengan sejarah Banyumas. “Kami berupaya tarifnya kompetitif, tidak jauh berbeda dengan di jalan raya,” jelas Ixfan.

Untuk sementara ini, KA Premium tersebut akan melayani 4 dalam sehari yang terdiri dari 2 KA relasi Cilacap-Yogyakarta dan 2 KA relasi Yogyakarta. KA 10368 Premium 1 relasi Cilacap-Yogyakarta dijadwalkan berangkat dari Cilacap pukul 05.15 WIB dan sampai di Jogja pukul 08.50 WIB. Nantinya KA tersebut bakal melawati Maos, Kroya, Kemranjen, Gombong, Karanganyar, Kebumen, Wonosari, Butuh, Kutoarjo, dan Wates.

Kemudian KA 10331 Premium 2 rute Yogyakarta-Cilacap akan berangkat dari Yogyakarta pukul 09.30 WIB dan sampai di Cilacap pukul 13.30 WIB dan melalui stasiun pemberhentian seperti Wates, Kutoarjo, Kebumen, Karanganyar, Gombong, Tambak, Sumpiuh, Kemranjen, Kroya, serta Maos. KA 10370 Premium 3 relasi Cilacap-Yogyakarta berangkat dari Cilacap pukul 14.50 WIB dan tiba di Yogyakarta pukul 18.36 WIB dan melalui stasiun Maos, Kroya, Karanganyar, Sruweng, Kebumen, Wonosari, dan Kutoarjo.

Sementara itu KA 10333 Premium 4 relasi Yogyakarta-Cilacap akan berangkat dari Yogyakarta pukul 19.15 WIB dan dijadwalkan sampai di Cilacap jam 22.30 WIB, dengan melewati sejumlah stasiun, antara lain Wates, Kutoarjo, Kebumen, Karanganyar, Gombong, Sumpiuh, Kroya, dan Maos

“Kehadiran KA Premium rute Cilacap-Yogyakarta PP dapat menjawab harapan masyarakat Cilacap akan kebutuhan transportasi massal berupa kereta api pada rute tersebut yang terhenti sejak beberapa tahun lalu,” ucap Ixfan.

KA Premium tersebut rencananya juga akan diintegrasikan dengan sejumlah kereta api baru yang dalam waktu dekat ini akan dioperasikan, yakni KA Sancaka Utara rute Yogyakarta-Gambrengan-Pasar Turi Surabaya PP, dan KA Joglosemar rute Yogyakarta-Solo-Semarang PP.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *