KAI Luncurkan KA Wijaya Kusuma, Siap Beroperasi 26 September 2017

Ixfan Hendriwintoko, Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto - www.antarajateng.com

Purwokerto – PT Indonesia (KAI) meluncurkan kelas Premium baru untuk relasi Cilacap-Yogyakarta-Solo. KA Premium teranyar tersebut dinamakan KA Wijaya Kusuma. Kereta baru ini sengaja mengusung nama Wijaya Kusuma agar lebih mudah dikenali oleh warga Cilacap dan sekitarnya dan menarik mereka untuk bepergian dengan .

“Menyambut Hari Ulang Tahun PT KAI ke-72, PT Kereta api Indonesia (Persero) memberikan apresiasi kepada para pelanggannya, yakni dengan meluncurkan kereta api baru. Diluncurkannya KA baru ini, untuk memenuhi permintaan masyarakat di wilayah Cilacap yang menginginkan agar PT KAI membuka Cilacap-Yogya-Solo,” ungkap Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Ixfan Hendriwintoko, Kamis (21/9), seperti dilansir Tribunnews.

KA Wijaya Kusuma akan dioperasikan perdana pada Selasa, 26 September 2017 mendatang di Cilacap pukul 14.10 WIB. Nantinya KA Wijaya Kusuma beroperasi sebanyak 2 kali sehari dengan rute yang berbeda. Dalam perjalanan perdana, KA Wijaya Kusuma akan diberhentikan di Maos, Kroya, Tambak, Gombong, Kebumen, Prembun, Kutoarjo, Wates, dan Yogyakarta.

Awalnya KA Wijaya Kusuma akan diberangkatkan dari Stasiun Cilacap pada jam 05.00 WIB. Akan tetapi kereta hanya menempuh perjalanan sampai Yogyakarta. Sesampainya di Jogja pukul 08.20, KA akan kembali ke Cilacap pukul 09.30 dan sampai di Stasiun Cilacap pukul 13.30. Kemudian KA berangkat lagi pukul 14.10, namun tak sampai Yogyakarta, melainkan sampai Solo. Setibanya di Stasiun Solo, KA diberangkatkan lagi ke Cilacap pukul 19.45 dan dijadwalkan tiba jam 01.00.

Yang lebih menarik, PT KAI juga memberlakukan promo untuk KA Wijaya Kusuma selama periode 26 September – 26 Desember 2017. kereta api untuk rute Cilacap-Yogyakarta/Lempuyangan Rp 50.000, sementara itu rute Cilacap-Solo dikenai harga Rp 70.000.

“Selain itu, juga diberlakukan tarif spesial untuk jarak dekat. Misalnya, untuk yang berangkat dari Stasiun Kutoarjo menuju Yogyakarta atau Lempuyangan atau sebaliknya, hanya dikenakan tarif Rp 25 ribu. Demikian juga untuk rute Kroya-Cilacap hanya Rp 20 ribu, sedangkan rute Yogyakarta-Solo Rp 40 ribu,” papar Ixfan.

Pemesanan tiket telah dilayani sejak (19/9) lalu hingga (30/9) lewat loket stasiun online, aplikasi KAI Access, dan channel-channel resmi penjualan tiket KAI. “Karena merupakan KA jarak dekat, maka pemesanan tiket bisa dilakukan sepekan sebelumnya,” tandasnya.