KAI Semarang Operasikan 4 Kereta Tambahan untuk Libur Waisak

eko-budiyanto-daop-6-yogyak

Jakarta – PT Indonesia (KAI) mengoperasikan 4 rangkaian tambahan untuk libur panjang yang bertepatan dengan Hari Raya Waisak. Empat gerbong tambahan tersebut akan dijalankan selama 4 hari mulai 11-14 Mei 2017 mendatang.

Menurut Humas PT KAI Daop VI Yogyakarta, Eko Budiyanto, libur Waisak kali ini agak berbeda lantaran berlangsung menjelang akhir pekan. Oleh sebab itu banyak pegawai yang diprediksi cuti pada hari Jumat untuk berlibur. Selain itu pihaknya juga memperkirakan akan terjadi kenaikan jumlah penumpang dibanding libur pada hari biasanya. “Karena liburannya lebih panjang maka penumpangnya semakin banyak,” tuturnya.

Oleh sebab itu PT KAI Daop VI Jogja mempersiapkan beberapa kereta tambahan. Pada tanggal 11 Mei, KAI akan menjalankan KA Argo Lawu Fakultatif rute Solo-Gambir, KA Purwosari Tambahan jurusan Purwosari-Pasar Senen, serta KLB Tambahan relasi Gambir-Surabaya Gubeng.

Pada 12 Mei kereta yang dioperasikan adalah KA Argo Lawu Fakultatif, pada 13 Mei kereta yang beroperasi adalah KA Argo Dwipangga Fakultatif rute Solo-Gambir, dan tanggal 14 Mei yang beroperasi adalah KA Argo Dwipangga Fakultatif dan Purwosari. “Sampai Kamis (11/5/2017), kereta eksekutif masih sisa 450-an tempat duduk. Yang campuran ada 520 tempat duduk (KLB campuran dari Purwosari),” tandasnya.

Selain KAI Daop VI Yogyakarta, KAI Daop 4 Semarang juga mengoperasikan 2 kereta tambahan untuk Waisak yang melayani rute Semarang-Jakarta dan Semarang-Bandung. Kereta tambahan tersebut antara lain KA Ciremai Tambahan relasi Semarang Tawang – Bandung PP dan KA KLB Tambahan relasi Semarang Tawang – Gambir PP.

Kedua kereta tambahan itu terdiri dari rangkaian 2 kereta kelas eksekutif dengan kapasitas 100 seat, 3 kereta kelas New Image dengan kapasitas 240 seat, dan 2 kereta kelas new image difabel berkapasitas 128 tempat duduk.

“KA tambahan ini dioperasikan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan KA, mengingat tingginya permintaan masyarakat dari Semarang menggunakan angkutan KA pada saat akhir pekan seperti ini,” tandas Edy Kuswoyo, Manajer Humas PT KAI Daop 4 Semarang.