KAI Terima 1 Trainset Kereta Bandara Soetta di Stasiun Manggarai

Edi Sukmoro - Dirut PT KAI

Jakarta – Sebuah rangkaian kereta alias trainset untuk KA Bandara Soekarno-Hatta telah mendarat di . Trainset tersebut adalah 1 dari 10 rangkaian kereta yang nantinya digunakan untuk rute Stasiun Manggarai-Bandara Soetta.

“Malam tadi, telah datang satu train set bandara, sudah ada di sini, di Balai Yasa,” kata Edi Sukmoro, Direktur Utama PT Indonesia (KAI) di Balai Yasa, Manggarai, Jakarta Selatan, Selasa (15/8), seperti dilansir Metrotvnews.

Lebih lanjut Edi menjelaskan bahwa pihak KAI sudah memesan 10 trainset dan setiap rangkaian akan terdiri dari 6 kereta. “Sehingga total ada 60 . Satu trainset lagi rencananya datang minggu depan,” tutur Edi. Rangkaian kereta bandara tersebut berasal dari Madiun, Jawa Timur dan merupakan buatan PT INKA.

Berdasarkan pemantauan di lapangan, rangkaian KA Bandara Soetta mengusung warna serba putih dan di dalamnya menggunakan interior yang mewah dan futuristik. Selain itu KA Bandara Soetta juga dilengkapi 2 deret kursi penumpang warna abu-abu. Kemudian kereta satu ini dilengkapi pendingin udara (AC) dan toilet kecil. Di dalam toilet telah disediakan juga tempat untuk mengganti popok.

Kereta Bandara Soetta kelak akan beroperasi dari Stasiun Manggarai – Duri – Batu Ceper – Bandara Soekarno-Hatta. Setiap 1 trainset diprediksi dapat mengangkut sekitar 272 penumpang. Sebelumnya proyek pengerjaan kereta Bandara Soetta sempat terganjal masalah pembebasan lahan. Namun permasalahan tersebut kini telah selesai diatasi.

“Untuk KA Bandara ini memang semua persiapan kita lakukan. Kalau soal yang dibebaskan itu Juli, tanah itu sudah selesai bebas. Hanya saja ada pekerjaan finishing atau perampungan seperti ada urugan sampai 8 meter,” ungkap Edi.

KA Bandara Soetta sendiri ditargetkan siap beroperasi pada bulan November 2017 mendatang. “Target optimisnya adalah November, tetapi kami akan mengejar secepatnya supaya bisa beroperasi. Karena kami memandang, masyarakat kelihatannya sudah sangat menantikan,” papar Edi.

PT KAI pun sedang mengebut proses kesiapan stasiun untuk operasional KA Bandara. Nanti akan ada 3 stasiun yang harus dipercepat kesiapannya. “Ada beberapa tempat yang memang pekerjaan harus diselesaikan secepat mungkin, termasuk stasiun di 3 stasiun yang disiapkan, kita berharap segera selesai di Shangrilla, Duri, dan Batu Ceper. Stasiun ini diharapkan segera bisa selesai,” tandasnya.