Kembangkan Wisata, Pemerintah Bakal Revitalisasi Jalur KA Padang-Bukittinggi

Kembangkan Wisata, Pemerintah Bakal Revitalisasi Jalur KA Padang-Bukittinggi

- melalui Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berancang-ancang melakukan dari Padang menuju Kota Bukittinggi di Provinsi Sumatera Barat. Hal tersebut dilakukan pemerintah sebagai salah satu upaya untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi dan di provinsi tersebut.

Menurut rencana, jalur yang terbangun akan melanjutkan jalur kereta Padang-Padang Pariaman yang saat ini sudah ada. Nantinya, jalur kereta api ini akan tersambung hingga Bukittinggi dengan menghubungkan Kayu Tanam di Padang Pariaman dengan Padang Panjang. Kemudian, jalur kereta api lama antara Padang Panjang dengan Bukittinggi akan dihidupkan kembali, bahkan akan menerus hingga Payakumbuh, Sumatera Barat.

“Kami akan berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan untuk merealisasikan revitalisasi ini, karena adanya jalur ini akan membuat potensi ekonomi melalui pariwisata akan lebih tergarap,” papar Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei, dan Konsultan Kementerian BUMN, Gatot Trihargo. “Selain itu, untuk memberi opsi kepada masyarakat untuk menuju Bukittinggi. Karena kalau macet, Padang-Bukittinggi bisa memakan waktu berjam-jam.”

Untuk revitalisasi ini, Gatot menambahkan bahwa pihaknya akan melibatkan BUMN karya dan . Meski demikian, Gatot mengaku belum bisa berandai-andai kapan tersebut bisa mulai dikerjakan. “Banyak aspek yang harus dilihat, apalagi jalur ini sudah lama tidak digunakan sehingga harus ada kajian yang lebih matang,” sambung Gatot.

“Saat ini, jalur kereta api yang aktif hanya dari Kota Padang menuju Kayu Tanam yang diperuntukkan bagi ,” lanjut Gatot. “Karena itu, kami akan mencoba memperbaiki jalur kereta api dari Kayu Tanam menuju Bukittingi sehingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Sumatera Barat, baik untuk pariwisata maupun umum.”

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat saat ini memang sedang gencar mempromosikan sektor pariwisata di daerahnya. Selain kawasan wisata Mandeh yang sedang giat ditawarkan ke investor, sejumlah destinasi liburan, seperti Bukittinggi juga turut dipercantik. Nah, pembangunan jalur kereta api Padang-Bukittinggi akan memberikan solusi atas kemacetan yang kerap terjadi di jalur darat.