Libur Panjang Hari Buruh, KAI Daop 5 Purwokerto Siapkan 3 Kereta Tambahan

Libur Panjang Hari Buruh, KAI Daop 5 Purwokerto Siapkan 3 Kereta Tambahan - www.akarnews.com

– Menjelang libur panjang yang bertepatan dengan Hari Buruh Internasional pada 1 Mei 2017 mendatang, PT Indonesia (KAI) Purwokerto mempersiapkan 3 rangkaian tambahan untuk mengakomodir tingginya yang hendak berlibur.

“Seperti pada libur panjang sebelumnya dan sebagai wujud apresiasi kami dalam melayani yang akan bepergian atau berlibur, maka PT KAI Daop 5 Purwokerto kembali akan menambah guna memaksimalkan kapasitas angkut agar bisa mengakomodasi -pelanggan yang saat ini belum kebagian tiket,” ujar Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Ixfan Hendriwintoko di Purwokerto, Jawa Tengah, Rabu (26/4).

Penambahan gerbong kereta dilakukan pada KA Purwojaya relasi Cilacap-Purwokerto-Jakarta yang sebelumnya hanya 8 gerbong kelas eksekutif kini menjadi 9 gerbong kelas eksekutif dengan keberangkatan tanggal 30 April – 2 Mei 2017.

Kemudian KA Kutojaya Utara relasi Kutoarjo-Pasarsenen yang sebelumnya 8 gerbong kelas ekonomi juga akan ditambah menjadi 9 gerbong kelas ekonomi untuk jadwal keberangkatan 28 April – 4 Mei 2017. Tak ketinggalan, KA Kamandaka relasi Purwokerto-Semarang Tawang yang awalnya 6 gerbong kelas ekonomi juga ditambah menjadi 7 gerbong kelas ekonomi.

“Kami memohon maaf jika masih ada pelanggan yang belum mendapatkan tiket meskipun telah dilakukan penambahan gerbong karena tren pelanggan KA dari waktu ke waktu mengalami peningkatan,” ungkap Ixfan.

Pihaknya memprediksi masa libur panjang akhir pekan ini berlangsung mulai 28 April – 2 Mei 2017 dengan masa arus mudik dari Jakarta/Bandung ke Purwokerto tanggal 28-30 April dan arus balik dari Purwokerto menuju Jakarta/Bandung tanggal 1-2 Mei 2017.

Berdasar data Rail Ticketing System (RTS) pada Rabu (26/4) kemarin pukul 16.30 WIB, tiket arus mudik dari Jakarta/Bandung tujuan Purwokerto untuk seluruh kelas ekonomi, bisnis, dan eksekutif tanggal keberangkatan 28 April 2017 sudah ludes terjual.

Sedangkan tanggal keberangkatan 29 April 2017 masih tersedia 110 tiket kelas eksekutif KA Purwojaya, dan KA lain sudah habis terjual. Kemudian tiket KA eksekutif tanggal 30 April masih tersedia lebih dari 50%. “Beberapa KA kelas ekonomi dan bisnis, tiketnya telah terjual habis. Sementara tiket kelas ekonomi dan bisnis yang masih tersedia di atas 50 persen adalah KA Fajar Utama, KA Gajahwong, KA Sawunggalih, dan KA Serayu,” bebernya.

Tiket arus balik tanggal 2 Mei kelas eksekutif yang masih tersedia adalah KA Argolawu, KA Purwojaya, KA Gajayana, KA Argodwipangga, dan KA Taksaka. Sementara itu tiket arus balik dari Purwokerto ke Jakarta/Bandung tanggal 1 Mei untuk seluruh kelas sudah habis. Tiket KA kelas ekonomi dan bisnis yang masih tersedia untuk dipesan antara lain KA Serayu, KA Sawunggalih, KA Fajar Utama, KA Bogowonto, KA Krakatau, dan KA Senja Utama Yogya.