Libur Panjang Maulid Nabi, PT KAI Operasikan 11 Kereta Tambahan

Senior Manager Humas PT KAI DAOP I, Suprapto - www.tigapilarnews.com

Jakarta – PT Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta siap mengoperasikan 11 tambahan untuk mengantisipasi bertepatan dengan libur panjang peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW pada Jumat, 1 Desember 2017 besok.

Pada momen libur panjang ini PT KAI Daop 1 Jakarta menyiapkan setidaknya 10 kereta tambahan yang diberangkatkan dari Gambir dan 1 kereta tambahan yang berangkat dari Pasarsenen. “Kereta api tambahan tersebut akan dioperasikan mulai 29 November sampai 4 Desember 2017 mendatang. Sebanyak 11 kereta api tersebut dioperasikan dengan kota tujuan antara lain Solo dua kereta api, Bandung enam kereta, serta Cirebon tiga kereta api,” ujar Senior Manager Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Suprapto, Rabu (29/11), seperti dilansir Sindo.

Jumlah tempat duduk yang disediakan untuk kereta tambahan pada momen libur Maulid Nabi Muhammad SAW kali ini adalah 5.192 kursi. Sebelumnya PT KAI sudah menyediakan 51 perjalanan KA reguler dengan kapasitas mencapai 29.344 seat. Adapun perjalanan reguler tersebut diberangkatkan dari Stasiun Gambir sebanyak 26 perjalanan, sedangkan yang dari Stasiun Pasar Senen sebanyak 25 perjalanan.

“Jadi, total perjalanan kereta api untuk momen kali ini sebanyak 62 perjalanan dengan jumlah tempat duduk sebanyak 34.536 seat,” beber Suprapto.

Suprapto menambahkan, ketersediaan tiket kereta api pada tanggal-tanggal favorit, yaitu 29 November sampai 1 Desember 2017 mulai habis terjual. Menurut data penjualan tiket kereta api pada 28 November 2017 hingga pukul 15.32 WIB, KA tujuan Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur seperti destinasi Bandung, Cirebon, Tegal, Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya, dan Malang mengalami kenaikan permintaan.

Sementara itu, kereta api yang diberangkatkan dari Stasiun Gambir ke sejumlah kota di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur kini rata-rata tingkat keterisian atau okupansinya telah melebihi 96% pada hari Jumat, 30 November 2017 sampai Sabtu, 1 Desember 2017. Tiket kereta api yang masih tersedia antara lain KA Argo Parahyangan Premium, KA Argo Bromo Anggrek, KA Sembrani, KA Taksaka, KA Purwojaya, KA Argo Lawu, dan KA Cirebon Ekspress.

“Sedangkan KA yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen, pada 30 November dan 1 Desember 2107, okupansinya berkisar antara 98-100%. Sisa tempat duduk akan selalu berubah dalam hitungan detik, dikarenakan bisa di akses melalui online,” tandas Suprapto.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *