Masuk Masa Perawatan, KA Batara Kresna Libur Beroperasi 17-21 Juli 2017

KA Batara Kresna

Solo Api () Batara Kresna sementara akan berhenti beroperasi selama seminggu mulai tanggal 17-21 Juli 2017. Penghentian sementara kereta alias Railbus Batara Kresna yang melayani Solo-Wonogiri ini dilakukan lantaran rangkaian kereta yang sudah beroperasi sejak 11 Maret 2015 itu perlu menjalani masa perawatan.

KA Batara Kresna sendiri tiap hari melayani 2 kali perjalanan bolak-balik dari Stasiun Purwosari, Solo ke Wonogiri. Menurut Manajer Humas Daop VI, Eko Budiyanto, pemeliharaan rutin rangkaian KA Batara Kresna ini wajib dilakukan supaya pelayanan terhadap para pengguna jasa tetap maksimal.

“Selain itu, pemeliharaan ini juga berkaitan dengan keselamatan perjalanan , maupun keselamatan pengguna jasa . Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama dalam perjalanan,” jelas Eko, seperti dilansir Suara Merdeka.

Lebih lanjut Eko menjelaskan jika selama menjalani masa perawatan berkala, seluruh bagian Railbus Batara Kresna akan dicek oleh teknisi dari PT Kereta Api Indonesia (KAI). Pengecekan meliputi kondisi mesin, sambungan antar gerbong, kondisi rangkaian kereta api, hingga sistem pengeremannya. “Semua dicek, untuk memastikan tidak ada kerusakan,” kata Eko.

Selama 2 tahun beroperasi, KA Batara Kresna belum pernah mengalami kendala teknis. Walau demikian, prosedur perawatan berkala akan tetapi dilakukan oleh pihak KAI untuk memastikan keamanan dan keselamatan perjalanan. “Seluruh rangkaian kereta yang dioperasikan PT KAI menjalani masa perawatan rutin. Ada daily checking, ada perawatan berkala tiap 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, hingga 1 tahun,” ungkapnya.

Selama menjalani masa perawatan, untuk sementara tak akan ada perjalanan kereta api yang menggantikan Railbus Batara Kresna. “Jadi kami mohon maaf pada masyarakat, untuk selama sepekan ke depan tidak bisa terlayani. Sebab memang tidak ada kereta pengganti sementara, saat KA Batara Kresna menjalani masa perawatan berkala. Pengguna jasa sementara harus menggunakan moda lain,” tandas Eko.

Sebelumnya KA Railbus Batara Kresna Solo-Wonogiri memiliki jadwal operasi setiap pukul 04.00 dan 06.00, sedangkan rute Wonogiri-Solo pada jam 08.00 WIB dan 10.00 WIB. yang dibanderol untuk satu kali perjalanan dengan KA Batara Kresna adalah Rp 4.000 per orang.