Menhub Resmikan Kereta Api Aceh 1 November 2016

aceh-krueng-geukuh

Aceh Utara – Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi akan segera meresmikan kereta api (KA) perintis di Aceh Utara pada tanggal 1 November 2016 mendatang. Hal ini telah dikonfirmasi langsung ketika Balai Teknis Perkeretaapian Bagian Utara meninjau di Desa Krueng Geukuh, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara, Selasa (20/9).

Rute yang akan dibuka antara lain lintas Krueng Mane sampai ke Bungkah Kecamatan Muara Batu, Aceh Utara, sepanjang 11,35 km.

Tahun 2014 lalu rute tersebut pernah dioperasikan dengan memakai 6 kereta api. Namun kemudian rute tersebut ditutup lantaran dianggap tidak efektif untuk sarana darat.

Kepala Sie Lalu Lintas Sarana dan Keselamatan Perkeretaapian Balai Teknis Perkeretaapian Sumatera Bagian Utara, Iskandar mengatakan jika (KAI) sudah memperbaiki bantalan rel, kereta, dan lain-lain. “Sehingga, rute ini bisa dilalui lagi,” ujarnya.

Dalam proses pengoperasian kembali KA di Aceh, PT KAI Divre 1 Sumatera Utara mengadakan pada masyarakat yang akan dilewati oleh KA, tokoh masyarakat, dan unsur Muspika Dewantara dan Muara Batu di kantor Camat Dewantara, Aceh Utara.

“Untuk jadwal keberangkatan tiap harinya akan disusun nantinya,” kata Iskandar.

sendiri telah menggelontorkan dana sekitar Rp 17 miliar untuk kembali mengoperasikan rute tersebut. Iskandar menjelaskan, dalam jangka panjang juga akan dibangun rute KA lintas yang menghubungkan Banda Aceh sampai Besitang, Sumatera Utara.

“Jadwal peresmian rute ini akan kita koordinasikan dengan pemerintah daerah juga. Targetnya, November sudah jalan,” tandasnya.