Perlintasan KA Sebidang Kebon Singkong Bakal Ditutup Permanen

Perlintasan Kereta Api Sebidang Kebon Singkong samping Stasiun Klender, Jakarta Timur - wartakota.tribunnews.com

Klender – Sebelum (KA) Sebidang Kebon Singkong di samping Klender, Jakarta Timur telah diujicoba untuk ditutup. Kini pihak Dinas Perhubungan menyatakan bahwa perlintasan KA sebidang tersebut akan ditutup secara permanen.

“Kita sudah koordinasi dengan pihak Kementerian Perhubungan. Penutupan perlintasan kereta api di Klender akan dipermanenkan. Hasil uji coba selama sepekan, ternyata juga sangat efektif tidak terjadi kemacetan lalu lintas,” jelas Andreas Eman, Kepala Seksi Lalu Lintas, Suku Dinas Perhubungan Jakarta Timur di Jakarta, Senin (17/7), seperti dilansir Netral News.

Andreas menjelaskan bahwa selain melakukan penutupan perlintasan samping Stasiun Klender secara permanen, nantinya juga akan dilakukan renovasi untuk memperluas bangunan Stasiun Klender. “Permanennya akan disamakan dengan pagar eksisting yang ada saat ini, selain terkait Stasiun Klender. Jadi penyeberangan Stasiun Klender mau disempurnakan,” ungkap Andreas.

Lebih lanjut Andreas mengatakan jika pihaknya juga telah melakukan sosialisasi pada warga sehubungan dengan adanya penutupan permanen pada perlintasan KA sebidang tersebut. “Alternatif semua sudah direkayasa. Semua sudah disosialisasikan dan sudah berjalan. Tidak ada warga yang menolak. Kalau kami hanya bisa mendukung saja,” katanya.

Para pengguna jalan yang hendak melalui tersebut nantinya bisa menggunakan jalur alternatif. Misalnya saja jika melintas dari Bekasi Timur Raya (Cipinang Logistik) menuju Jalan I Gusti Ngurah Rai bisa melintasi Jalan Bekasi Timur Raya (arah utara atau Pulo Gadung).

Sementara itu pengguna kendaraan bisa berputar di U-turn Perumahan Premier Rivera menuju arah Flyover Klender (arah selatan atau Jl. Pahlawan Revolusi), kemudian berputar lagi di Kupingan Flyover Klender Jalan I Gusti Ngurah Rai. Sedangkan pengendara dari arah Bekasi Timur Raya yang hendak ke I Gusti Ngurah Rai bisa lewat perlintasan KA sebidang Cipinang Lontar (Jalan Bekasi Timur Raya-I Gusti Ngurah Rai).

Andreas menuturkan jika penutupan perlintasan kereta api sebidang ini sekaligus untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas yang melibatkan kereta api. Di samping itu juga untuk menunjang pembangunan Stasiun Klender setelah insiden kebakaran 2 bulan lalu.