Pernikahan Putri Jokowi, KAI Bakal Operasikan Kereta Tambahan Relasi Solo-Jakarta

eko-budiyanto-daop-6-yogyak

Solo – Sebagai langkah untuk mengantisipasi kepadatan ketika pernikahan putri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution pada tanggal 8 November 2017 mendatang, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop VI Yogyakarta akan mengoperasikan kereta tambahan.

“Rencananya ada penambahan satu rangkaian KA untuk relasi Solo-Jakarta. Armada yang kita gunakan adalah KA Argo Dwipangga,” jelas Humas Manager PT KAI Daerah Operasional VI Yogyakarta, Eko Budiyanto, Selasa (24/10), seperti dilansir Timlo.

Eko menambahkan, KA tambahan yang hendak dijalankan tersebut mempunyai kapasitas angkut sebanyak 700 penumpang dan memiliki dari Solo Balapan pada pukul 21.00 WIB. Dengan demikian, kereta api tambahan tersebut bisa digunakan oleh para tamu yang hendak kembali ke Jakarta usai menghadiri pesta pernikahan putri Jokowi. “Ini juga bagian dari upaya kita untuk memafasilitasi kebutuhan . Karena pasti pada periode itu, akan terjadi lonjakan penumpang,” beber Eko.

“Hingga sekarang permintaan tiket masih belum membludak, tapi trennya mengalami peningkatan 50 persen. Kita lihat saja nanti saat mendekati momennya seperti apa. Karena kalau ada kegiatan nasional atau kenegaraan di Kota Solo memang cukup berdampak,” imbuh Eko.

Sementara itu, Nurudin, Kepala Stasiun Solo Balapan mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan koordinasi terkait pesta pernikahan putri Jokowi bulan depan. “Pergerakan pemesanan tiket saat momen pernikahan anak Pak Presiden sudah cukup banyak. Yang pasti, semuanya sudah kita koordinasikan,” ungkap Nurudin.

Lebih lanjut Nurudin menuturkan bahwa permintaan tiket kereta api dari Jakarta ke Solo pada periode pernikahan Kahiyang dan Bobby untuk tanggal 7 dan 8 November 2017 mengalami peningkatan. Tiket yang disediakan oleh KAI dilaporkan terjual lebih dari 50 persen. Sementara itu, terkait keamanan rupanya pihak KAI masih belum berencana melakukan pengamanan ekstra. Untuk sementara itu keamanan masih sesuai standar stasiun pada umumnya. Meski demikian, KAI mengaku siap menyediakan fasilitas sesuai permintaan.

“Untuk KA wisata juga belum banyak pemesanan pada periode tersebut. Hanya saja kemarin sudah ada rombongan dari Bank Indonesia yang menyewa satu rangkaian gerbong KA wisata untuk tujuan Surabaya pada periode 8 November,” jelas Nurudin.