PT KAI Bakal Hadirkan Fasilitas WiFi di Seluruh Rangkaian Kereta Api

Edi Sukmoro - Dirut PT KAI

Jakarta – PT Indonesia (KAI) berupaya untuk terus melakukan demi menambah kenyamanan para pengguna jasa . Dalam waktu dekat ini PT KAI menargetkan seluruh rangkaian akan dilengkapi internet nirkabel WiFi secara bertahap sepanjang tahun 2018 ini, baik kereta rel listrik (KRL) serta KA utama dan lokal.

“Hal yang sudah kami pikirkan itu, bagaimana seluruh kereta api itu menggunakan wifi karena ini sudah diharuskan. Saya akan berkeras agar seluruh kereta itu dilengkapi dengan wifi,” ungkap Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro, di Gedung Jakarta Railway Center, Selasa (9/1), seperti dilansir CNN Indonesia.

Edy menjelaskan bahwa pengadaan WiFi ini adalah inisiasi dari PT KAI yang akan direalisasikan tahun ini. Akan tetapi, menurut Edy pengadaan WiFi tersebut baru sebatas rancangan, oleh sebab itu masih belum ada rincian lebih detail terkait teknis dan pendanaannya.

Meski demikian, pihak perseroan menargetkan pemasangan WiFi bisa dimulai secara bertahap di jalur yang memungkinkan terlebih dahulu supaya penumpang dapat menggunakan wifi selama melakukan dengan kereta api. “Jalur mana yang akan dipasang (wifi), ya jalur yang memungkinkan untuk nanti dipasang wifi duluan,” jelas Edy.

Jumlah pemasangan fasilitas WiFi kelak akan disesuaikan dengan anggaran yang tersedia. Sementara itu, Vice President Public Relation PT KAI Agus Komarudin menuturkan jika beberapa tahun lalu PT KAI sudah melakukan uji coba pemasangan wifi di sejumlah rangkaian kereta api. Tetapi lantaran ada suatu alasan yang tidak disebutkan, proses uji coba pemasangan WiFi tersebut tidak dilanjutkan.

“Mungkin dulu ada trouble (masalah) sehingga kami harus evaluasi lagi,” ucap Agus. Untuk sementara itu, sejumlah stasiun kereta api di kota-kota besar telah dilengkapi dengan layanan WiFi gratis, misalnya saja di Stasiun Gambir Jakarta.

Beberapa waktu lalu, PT KAI juga telah meluncurkan aplikasi KAI Access versi terbaru yang dilengkapi berbagai fitur tambahan seperti menu Train untuk pemesanan tiket dan menu Meals untuk layanan pemesanan preorder menu makanan restoran KA. Kemudian ada pula fitur pendukung seperti My Trips yang berisi riwayat pemesanan tiket kereta api, fitur Deals yang berisi promo menarik seputar kereta api, dan fitur Remind Me sebagai pengingat perjalanan yang dapat diatur dengan waktu 10-60 menit sebelum keberangkatan KA.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *