PT KAI Uji Coba Angkut Barang Lewat Jalur Siantar-Belawan

PT KAI Divre I Sumut melakukan uji coba kereta api pengangkut barang peti kemas untuk komoditas tembakau milik PT STTC. Dengan adanya kerjasama PT KAI dengan PT STTC diharapkan dapat membangkitkan perekonomian di Sumatera Utara.

Medan – PT Indonesia (KAI) Sumatera Utara belum lama ini melakukan kereta api angkutan komoditas milik PT Sumatera Tobacco Trading Company (STTC). Uji coba itu dilakukan sejak tanggal 6 Januari 2017 lalu.

“Uji coba kereta api barang tersebut merupakan salah satu upaya PT KAI Divre I Sumut untuk meningkatkan pelayanan dan juga mengembangkan bisnisnya,” Manager Humas Divre I Sumut, Joni Martinus.

Joni menjelaskan bahwa pemuatan peti kemas ke dilakukan melalui jalur kereta api Siantar – Dolok Merangir KM.41+700 dengan rata-rata waktu muat 3 menit per kontainer. “Kereta api barang tersebut menempuh jarak 129,3 kilometer dari stasiun Siantar ke Stasiun Belawan dengan rangkaian terdiri dari satu seri BB 203 menarik 12 Gerbong datar atau12 kontainer yang masing – masing kontainer diisi dengan muatan 21 ton,” paparnya.

“Kereta api uji coba tersebut diberangkatkan dari Stasiun Siantar pukul 11.15 WIB dan tiba di Stasiun Belawan pukul 16.48 WIB. Waktu tempuh perjalanannya 333 menit,” imbuh Joni.

Dengan adanya kereta api pengangkut barang Siantar-Belawan ini dapat membantu pendistribusian barang agar lebih cepat dan efisien, serta mengurangi macet, polusi, dan beban jalan raya. Ke depannya uji coba tersebut akan dilakukan secara simultan sambil mengevaluasi berbagai kekurangan yang ada.

Sementara itu Manager area Siantar, Jacob mengapresiasi kerjasama antara PT KAI dengan dan berharap kerjasama tersebut dapat berkontribusi terhadap di Sumut, terutama sektor industri tembakau.

“Ke depan kita sama-sama melakukan evaluasi dan bersinergi guna terus meningkatkan kapasitas angkutan barang dengan kereta api untuk mendukung perekonomian Indonesia dengan mempercepat arus barang,” pungkas Jacob.