Puncak Arus Balik Tahun Baru, KAI DAOP 8 Sediakan Dua KA Tambahan

daop8

SURABAYA - libur 2017 diprediksi bakal terjadi pada hari Senin (2/1) ini. Karena itu, untuk mengantisipasi lonjakan , PT Api Indonesia (KAI) DAOP 8 Surabaya telah menambah dua rangkaian , yaitu KA Sancaka untuk kelas dan , serta KA Kertajaya untuk kelas .

“Puncak arus balik diprediksi akan terjadi mulai pagi hingga siang nanti,” ujar Manajer Humas PT KAI DAOP 8 Surabaya, Gatut Sutiyatmiko. “Tetapi, kami telah mengantisipasi lonjakan penumpang dengan mengoperasikan dua kereta tambahan.”

Dua kereta tambahan tersebut, ditambahkan Gatut, nantinya akan mengangkut penumpang untuk rute padat, seperti Surabaya-Yogyakarta dan Surabaya-Jakarta (Pasar Senen). “Selain mengoperasikan dua KA tambahan, kami juga menambah minimal satu untuk sejumlah kereta api,” sambung Gatut.

“Kereta untuk tujuan seperti Yogyakarta dan Jakarta, rata-rata akan ditambah satu gerbong,” imbuh Gatut. “Kereta-kereta yang bertambah satu gerbong pada saat puncak arus balik di antaranya KA Sancaka, KA Kertajaya, dan KA Turangga.”

Sementara itu, kepadatan penumpang saat libur dan Tahun Baru di DAOP 8 Surabaya kali ini meningkat jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Pada tanggal 25 Desember 2016, jumlah penumpang yang melalui DAOP 8 mencapai 39.025 orang, atau sekitar 10,8 persen dibandingkan tahun lalu yang sebesar 36.008 dalam sehari.

Pada tanggal 28 Desember 2016, penumpang mencapai 36.717 orang, lebih tinggi jika dibandingkan  periode yang sama tahun lalu yang sebesar 34.697 orang. Total penumpang pada liburan Natal dan Tahun Baru kali ini, mulai tanggal 23 hingga 31 Desember 2016, adalah 343.232 penumpang, meningkat 4 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2015 lalu.