Rayakan HUT RI, PT KAI Adakan Program Naik Kereta Api Gratis

gatut-sutiyatmoko

Surabaya – Untuk merayakan Hari Ulang Tahun ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia, PT Indonesia (KAI) akan memberi kereta gratis untuk masyarakat di Tanah Air. Naik Kereta Api Gratis ini diluncurkan demi meningkatkan rasa cinta masyarakat terhadap moda transportasi kereta api. Kabarnya kereta yang akan digratiskan antara lain KA Lokal, komuter, dan kereta rel listrik (KRL).

“Program kemerdekaan, yaitu dengan menggratiskan tiket seluruh kereta api lokal atau kereta jarak pendek bersubsidi (PSO) pada tanggal 17 Agustus 2017,” ungkap Gatut Sutiyatmoko, Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Jumat (11/8), seperti dilansir Tribunnews.

Masyarakat yang berminat menikmati program Naik Kereta Api Gratis tersebut bisa membeli tiket dengan Rp 0 (gratis) secara langsung, atau secara ‘go show’, yaitu 3 jam sebelum keberangkatan kereta api di loket stasiun keberangkatan kereta api. Gatut menjelaskan bahwa promo tiket KA gratis tersebut tak berlaku untuk pemesanan H-7 sebelum keberangkatan. “Program promo kemerdekaan ini tidak berlaku untuk pemesanan H-7 sebelum keberangkatan kereta api,” tegasnya.

Walaupun tidak dipungut biaya, masyarakat yang hendak naik kereta api pada tanggal tersebut tetap harus mempunyai tiket. “Kapasitas angkut setiap kereta api tetap mengacu pada aturan yang berlaku, yaitu 150 persen dari ketersediaan tempat duduk,” kata Gatut.

Berikut kereta api gratis untuk jadwal keberangkatan tanggal 17 Agustus 2017:

  1. Dhoho (Surabaya-Kertosono-Blitar PP)
  2. Dhoho Penataran (Surabaya-Kertosono-Blitar PP)
  3. Penataran (Surabaya-Malang-Blitar PP)
  4. Penataran Dhoho (Surabaya-Malang-Blitar PP)
  5. Tumapel (Surabaya-Malang PP)
  6. Jenggala (Sidoarjo-Mojokerto PP)
  7. Ekonomi Lokal Sb-Kts (Surabaya- Kertosono PP)
  8. Ekonomi Lokas Sda-Bj (Sidoarjo-Bojonegoro PP)
  9. Komuter Susi (Surabaya-Porong PP)
  10. Komuter Sulam (Surabaya Pasar Turi-Lamongan PP)

Sementara itu, Humas PT KAI Daop 1 Suprapto juga membenarkan bahwa kelak akan ada program naik kereta api gratis pada perayaan kemerdekaan RI, akan tetapi detailnya baru akan disampaikan oleh pihak KAI pusat pada hari Selasa (15/8) mendatang. “Benar, memang ada program kereta gratis pada 17 Agustus. Nanti akan ada penjelasan resmi dari pusat, ditunggu saja,” tandasnya.