Rute LRT Bakal Diperpanjang ke Meikarta?

menko-maritim-luhut-binsar

BEKASI – memiliki wacana untuk memperpanjang rute Light Rail Transit () yang semula berakhir di Bekasi menjadi sampai di baru Meikarta, di kawasan Cikarang. Hal tersebut didasari alasan bahwa Meikarta memiliki potensi yang besar bagi masyarakat di yang mampu menampung sekitar dua juta orang.

“Saya kira akan bagus (jika LRT sampai di sini), jadi ini akan menyerap sebagian penduduk Jakarta untuk tinggal di tempat ini,” ujar Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan, ketika menghadiri topping off dua tower Meikarta CBD, Cikarang. “Jadi, saya pikir pemerintah tentu akan mempertimbangkan juga untuk membangun LRT kemari.”

Selain itu, Luhut juga mengatakan bahwa kawasan di koridor timur Jakarta, yakni Bekasi-Cikampek, layak dijadikan kawasan ekonomi khusus (KEK), karena koridor tersebut terintegrasi dengan kawasan industri terbesar di Indonesia. Kalau ini terjadi, maka transportasi, permukiman, , air, dan segala macam harus dilakukan dari sekarang.

“Untuk itu, pemerintah pusat akan memikirkan untuk melanjutkan seperti LRT rute Cawang-Bekasi Timur ke Cikarang, Kabupaten Bekasi,” sambung Luhut. “Apalagi, Presiden Joko Widodo sudah mulai memikirkan pengintegrasian antara Jakarta dengan Bandung, bahkan transportasi massal dua wilayah tersebut sudah mulai dibangun berupa kereta cepat.”

Meikarta diyakini akan menjadi kawasan segitiga emas baru di koridor timur Jakarta karena berlokasi tepat di jantung area antara Lippo Cikarang, Delta Mas, dan Jababeka serta memiliki akses gerbang tol tersendiri, yaitu exit tol Cibatu. Kehadiran Meikarta juga bisa memberikan stimulus untuk industri properti agar bisa kembali berkembang.

Meikarta sendiri merupakan proyek dengan total investasi melebihi Rp278 triliun, yang dibangun oleh Lippo Group. Harga apartemen di Meikarta sekitar Rp10 juta per meter persegi, dengan ragam tipe bangunan yang berbeda. Di samping itu, tersedia juga tujuh pusat perbelanjaan, pusat kesehatan dan rumah sakit internasional, pusat keuangan internasional, hotel bintang lima, perpustakaan nasional, teater opera dan pusat kesenian, hingga ratusan sekolah.