Stasiun Jatinegara dan Manggarai Bakal Layani KA ke Luar Jakarta

Stasiun Jatinegara dan Manggarai Bakal Layani KA ke Luar Jakarta

- Pemerintah berencana menggantikan posisi dan Pasar Senen dengan dan Stasiun untuk melayani dari Jakarta ke Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Rencana ini kemungkinan bisa terealisasi setelah proyek double-double track (DDT) selesai.

“Kementerian Perhubungan dan PT Indonesia (KAI) saat ini memang berencana memisahkan angkutan regional dan luar kota. Pemisahan ini dilakukan seiring dengan double-double track yang saat ini tengah berjalan,” jelas Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi. “Nantinya, rute ke luar kota cuma dilayani di dua stasiun, dan Manggarai. Tidak ada lagi di .”

Dijelaskan Budi, tujuan dilakukan pemisahan tersebut tak lain untuk mengantisipasi adanya keterlambatan kereta dalam kota. Pasalnya, salah satu penyebab keterlambatan tersebut adalah adanya gangguan dari kereta api luar kota dan arah sebaliknya. “Kita berharap tahap awal DDT ini rampung 2018, sehingga ada beberapa konstruksi yang selesai sesuai target,” sambung Budi.

“Karena DDT ini akan membuat service development menjadi baik, baik yang di dalam Jakarta maupun luar kota,” sambung Budi. “Meski demikian, proyek DDT memang tidak berjalan mulus karena harus melalui proses pembebasan lahan kosong di sekitar stasiun yang sudah ditentukan terlebih dahulu.”

Hingga saat ini, pembangunan proyek tersebut secara keseluruhan baru mencapai 40 persen. Menurut Budi, pihaknya harus membebaskan lahan di beberapa tempat. “Tadi, saya dapat laporan, tanah sedang dilakukan suatu koordinasi dan kami akan membebaskan sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku,” tuturnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro, menambahkan bahwa pemisahan angkutan kereta api tersebut semata-mata bertujuan untuk memudahkan mobilitas para penumpang. Pihaknya berharap langkah ini nantinya dapat membantu kelancaran perjalanan kereta api secara tepat waktu. “Kita harapkan bisa mempermudah masyarakat dan perjalanan kereta bisa jadi tepat waktu,” katanya.