1 Agustus 2019, 5 Stasiun KRL di Jakarta & Depok Hanya Bisa Pakai KMT

Calon penumpang membeli tiket KRL di Stasiun Sudirman
Calon penumpang membeli tiket KRL di Stasiun Sudirman - kompas.com

Jakarta – PT Commuter Indonesia (KCI) mengumumkan bahwa mulai tanggal 1 Agustus 2019 mendatang 5 stasiun di Jakarta dan hanya menerima transaksi kartu multi trip (). Menurut KCI kebijakan ini dilakukan guna mewujudkan cashless society dari pemerintah.

Adapun kelima stasiun KRL yang hanya menerima KMT dan tak lagi menjual harian berjaminan (THB) antara lain Stasiun Sudirman, Palmerah, Cikini, Taman Kota, dan Universitas Indonesia. “Di lima stasiun tersebut cukup tinggi pengguna KMT dan uang elektronik,” ujar VP Corporate Communication PT KCI, Anne Purba, Sabtu (13/7), seperti dilansir Sindonews.

Lebih lanjut Anne mengungkapkan bahwa kebijakan ini diterapkan lantaran di 5 stasiun tersebut hampir seluruh telah menggunakan kartu elektronik, baik kartu multitrip (KMT) maupun uang elektronik yang diterbitkan bank. “Kami melihat traffic di 5 stasiun itu hampir 90 persen sudah menggunakan KMT dan e-money,” papar Anne.

Anne menjelaskan, penggunaan KMT di Stasiun Sudirman misalnya, sudah mencapai 90%. Kemudian di Stasiun UI, Palmerah, dan Cikini hampir 80%, serta di Stasiun Taman Kota hampir 60%. “Program ini juga untuk mengoptimalkan layanan di lima stasiun tersebut, agar sesuai dengan karakter penggunanya yang semakin banyak menggunakan KMT. Selain itu KMT saat ini juga bisa didapatkan dengan lebih murah yaitu Rp 30.000, sudah termasuk saldo Rp 10.000,” ucap Anne.

Selain itu, kebijakan ini sengaja dilakukan guna mengurangi antrean pembelian tiket di 5 stasiun tersebut. Anne pun menegaskan bahwa PT KCI hanya menghapus pembelian THB di 5 stasiun tersebut, baik lewat dan . Namun penumpang yang tiba di 5 stasiun itu dengan kartu THB tetap dapat melakukan tap in dan tap out.

“Secara akses tetap bisa (menggunakan THB). Misalnya, penumpang dari Stasiun Jakarta Kota turun Stasiun UI menggunakan THB, tetap bisa tap out. Jika dia beli THB pulang pergi, juga tetap bisa tap in di Stasiun UI, karena dia sudah beli tiket untuk pulang di Stasiun Jakarta Kota,” jelas Anne.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*