1 Agustus 2019, Pembelian Tiket Harian KRL di Lima Stasiun Bakal Dihapus

Anne Purba, VP Corporate Communication PT KCI - jakarta.tribunnews.com
Anne Purba, VP Corporate Communication PT KCI - jakarta.tribunnews.com

PT Commuter Indonesia (PT KCI) berencana menghapus aktivitas jual beli harian berjaminan (THB) kereta listrik (KRL) pada tanggal 1 Agustus 2019 mendatang di lima , yakni Sudirman, Palmerah, Taman Kota, Cikini, dan Universitas Indonesia. Pasalnya, di lima tersebut, hampir seluruh sudah menggunakan elektronik, baik multi-trip (KMT) maupun uang elektronik yang diterbitkan bank.

“Kami melihat traffic penumpang di lima stasiun itu hampir 90 persen sudah menggunakan KMT dan e-monet. Kami mengapresiasi sekali, karena itu akan mengurangi antrean,” papar Vice President Corporate Communication PT KCI, Anne Purba, dilansir Kompas. “Jadi, kami akan menghapus pembelian THB di lima stasiun tersebut, baik melalui loket maupun vending machine.”

Meski demikian, Anne menambahkan, secara akses untuk tap in dan tap out (menggunakan THB) masih bisa. Misalnya, penumpang dari Stasiun Jakarta Kota ke Stasiun Universitas Indonesia menggunakan THB, tetap bisa tap out. Atau, misalnya mereka membeli THB pulang pergi, nanti tetap bisa tap ini di Stasiun Universitas Indonesia karena mereka sudah membeli tiket untuk pulang di Stasiun Jakarta Kota.

Menurut , kartu multi trip memiliki banyak keuntungan dibandingkan dengan THB. KMT dapat di-top up di mana saja, misalnya di beberapa merchant yang telah bekerja sama dengan PT KCI. Sementara THB, hanya bisa di-top up di stasiun. Dengan demikian, pengguna KMT tidak perlu harus mengantre di loket-loket stasiun untuk top up. 

“Transaksi dipotong langsung dari saldo itu. Berbeda kalau menggunakan Tiket Harian Berjaminan, orang harus antre untuk beli tiket,” jelas Direktur Utama PT KCI, Wiwik Widayanti. “Kalau sudah selesai (), dia harus refund lagi, karena (THB) berlaku hanya 7 hari saja. Jadi, besok dia harus antre lagi. Dengan KMT, bisa meniadakan itu semua.”

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*