1 Februari 2018, Rute KA Joglosemarkerto Diperpanjang Sampai Stasiun Prupuk Tegal

Kereta Api Joglosemarkerto
Kereta Api Joglosemarkerto - tribunnews.com

Solo – Mulai tanggal 1 Februari 2019 mendatang (KAI) akan menambah panjang kereta api (KA) Joglosemarkerto hingga ke Stasiun Prupuk Tegal. Perpanjangan KA Joglosemarkerto ini dilakukan seiring dengan tingginya minat untuk bepergian dengan KA trans tersebut.

Setidaknya PT KAI menyediakan 6 relasi KA Joglosemarkerto yang berhenti di Stasiun Prupuk, yaitu 3 tujuan Semarang dan 3 lagi menuju sampai Solo. Menurut Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daops) VI Yogyakarta, Eko Budiyanto, penambahan stasiun pemberhentian KA Joglosemarkerto ini sejalan dengan kembali diaktifkannya Stasiun Prupuk, Tegal mulai tanggal 18 Oktober 2018 lalu. Selain itu, juga berbanding lurus dengan antusiasme masyarakat menggunakan KA yang menghubungkan pantai utara (pantura) dengan pantai selatan Jateng.

“Apalagi dari tiga perjalanan KA Joglosemarkerto, load factor-nya di atas 100%. Bertambahnya stasiun pemberhentian semakin bisa menjangkau masyarakat di sejumlah wilayah,” jelas Eko, Jumat (25/1), seperti dilansir Solopos.

PT KAI sebelumnya sempat menutup pemesanan KA Joglosemarkerto untuk keberangkatan 1 Februari 2019, karena terkait dengan penambahan stasiun pemberhentian pada (21/1) lalu. Akan tetapi layanan tersebut sudah dibuka lagi pada Kamis (24/1).

Sebagai informasi, KA Joglosemarkerto terdiri dari 8 relasi, masing-masing berangkat dari Solo, Semarang, dan Purwokerto. Setiap perjalanan KA Joglosemarkerto memakai 2 kereta eksekutif dengan kapasitas 100 tempat duduk dan 7 kereta ekonomi yang mampu menampung kapasitas hingga 560 tempat duduk.

Adapun relasi Solo-Tegal-Solo berangkat dari Stasiun Solo Balapan pukul 06.00 WIB melalui Jogja, Purwokerto, Tegal (Stasiun Prupuk), kembali ke Solo melalui jalur utara seperti Pekalongan, Semarang, Brumbung, dan terakhir Solo Balapan.

Setelah cukup lama tidak beroperasi, mulai 18 Oktober 2018 lalu sudah banyak kereta yang berhenti di Stasiun Prupuk. “Tiga perjalanan KA Joglosemarkerto tujuan Semarang serta tiga perjalanan tujuan Purwokerto sampai Solo yang berhenti. Dengan demikian, penumpang dari dan menuju Prupuk, bisa langsung mencari relasi Stasiun Prupuk,” ucap Manajer Humas PT KAI Daops V Purwokerto, Supriyanto.