12 Penumpang KA Progo Diturunkan Paksa karena Tiket Tak Sesuai Identitas

Stasiun Lempuyangan, Yogyakarta foto:Dephub

Jogjakarta – Selama dua hari pemeriksaan pada 3 dan 4 Agustus di , petugas PT KAI terpaksa menurunkan paksa 12 Progo pada kesempatan pertama karena nama yang tercetaj di tidak sesuai dengan nama penumpang yang menggunakannya.

Selain itu, petugas juga menemukan dua penumpang yang mencoba menggunakan KTP palsu dengan mengubah foto di kartu identitas yang mereka bawa. Namun diantara ke12 orang itu, dua  calon penumpang melarikan diri saat akan digiring ke ruang kepala stasiun.

Selain di Stasiun Lempuyangan, petugas juga melakukan pemeriksaan di Stasiun Tugu Yogyakarta dan menemukan empat calon penumpang beridentitas tidak sesuai dengan nama pada tiket.

“Hal ini sudah masuk dalam kategori penipuan dan yang paling dirugikan adalah calon penumpang itu sendiri,” kata Bambang Setiyo Prayitno, Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi VI Yogyakarta.

Bambang menyebut, PT KAI sudah menetapkan yang tegas dan jelas mengenai penggunaan sehingga calon penumpang pun harus mematuhi aturan itu. Nama yang tertera di tiket harus sesuai dengan nama calon penumpang yang berangkat. Jika tidak sesuai, maka calon penumpang dilarang naik ke atau diturunkan dari di stasiun berikutnya dan tiket dianggap hangus.

Dulu, penumpang masih bisa menggunakan tiket yang dibeli melalui calo. “Namun sekarang, tiket dengan lebih mahal di calo itu pun akan hangus,” katanya.

Oleh karena itu, Bambang mengingatkan agar seluruh calon penumpang tidak coba-coba menggunakan tiket yang tidak sesuai agar tidak dirugikan, walaupun masih ada beberapa stasiun yang belum menerapkan pemeriksaan secara ketat. [Antara/YUD]

Tentang Masinis 182 Articles
Memulai karir menulis sejak duduk di bangku SMP sebagai layouter dan redaktur, dan membawa proses kepenulisannya hingga di bangku kuliah. 10 tahun terakhir aktif sebagai tenaga desainer di sebuah perusahaan yang berpusat di Malang. Beberapa tahun terakhir menjadi penumpang setia kereta api pagi rute Malang-Surabaya yang berangkat dari Stasiun Kotabaru jam 04.20 setiap hari. Sejak itu, penulis tertarik dengan segala hal tentang kereta api dan sistem transportasi publik.