17 Juli 2017 Rute KA Krakatau Berubah & Ganti Nama Jadi KA Singasari

KA-Krakatau-Berubah-Ganti-Nama-Jadi-KA-Singasari

Purwokerto – PT Indonesia () akan mengubah nama dan mulai tanggal 17 Juli 2017 mendatang untuk mengefisienkan rute dan okupansi kereta relasi tersebut.

“KA Krakatau yang selama ini melayani rute Merak-Blitar pp (pergi pulang) akan berubah menjadi KA Singasari dengan rute -Purwokerto-Kutoarjo-Blitar pp,” ujar Ixfan Hendriwintoko, Manajer Humas Daop 5 Purwokerto di Purwokerto, Jawa Tengah, Sabtu (1/7), seperti dilansir Beritasatu.

Penggantian nama dan rute dilakukan lantaran selama ini okupansi atau tingkat keterisian KA Krakatau yang melayani relasi Merak-Rangkasbitung-Tanahabang dan sebaliknya rata-rata hanya di bawah 30%. “Dengan adanya pergantian nama dan rute, masyarakat di wilayah tersebut yang biasa menggunakan KA Krakatau ketika hendak ke Jakarta, dapat menggunakan KA Lokal dari Merak menuju Rangkasbitung dan selanjutnya menumpang KRL (Kereta Rel Listrik) ke Tanahabang,” papar Ixfan.

Hingga kini terdapat 6 KA lokal yang melayani rute Merak-Rangkasbitung PP (12 perjalanan) dan 18 KRL yang melayani rute Rangkasbitung-Tanahabang PP (36 perjalanan). Menurutnya biaya untuk naik KA Lokal dan KRL jauh lebih murah daripada tarif KA Krakatau yang dibanderol Rp 50.000. “Tarif KA Lokal dari Merak ke Rangkasbitung hanya Rp 3.000 dan tarif KRL dari Rangkasbitung ke Tanahabang kurang lebih Rp 8.000,” ungkapnya.

Walau mengalami pergantian nama dan rute, dan nomor kereta pada KA Singasari nantinya masih sama seperti KA Krakatau, yaitu 155 untuk rute Blitar-Pasarsenen dan 156 untuk rute Pasarsenen-Blitar.

Sedangkan untuk keberangkatan, KA Singasari diberangkatkan dari Pasarsenen pukul 12.25 WIB dan sampai di Purwokerto jam 18.04 WIB. Lalu berangkat lagi pukul 18.00 WIB, tiba di Kutoarjo pukul 20.21 WIB dan akan diberangkatkan kembali pada pukul 20.25 WIB dan tiba di Blitar pukul 03.20 WIB.

KA Singasari berangkat dari Stasiun Blitar jam 06.40 WIB dijadwalkan tiba di Stasiun Kutoarjo pukul 13.47 WIB dan berangkat lagi ke Stasiun Purwokerto pukul 13.55 WIB. “KA Singasari tiba di Stasiun Purwokerto pukul 16.24 WIB. Setelah menaikkan dan menurunkan penumpang di Stasiun Purwokerto, KA Singasari diberangkatkan ke Stasiun Pasarsenen pukul 16.36 WIB dan sampai tujuan pukul 22.33 WIB,” imbuhnya.

Lebih lanjut Ixfan menuturkan bahwa tiket KA Singasari dapat dibeli lewat seluruh channel resmi PT KAI. “Kami mengimbau kepada seluruh calon pengguna KA untuk melakukan atau pembelian tiket KA melalui kanal resmi PT KAI dan menghindari transaksi dengan perorangan yang mengatasnamakan petugas PT KAI. Akhir-akhir ini telah ditemukan oknum calo yang mengatasnamakan instansi tertentu serta penemuan beragam tiket palsu,” pungkas Ixfan.