5 Flyover Perlintasan Kereta Api Segera Dibangun di Jateng

Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) akan membangun 5 di api untuk mengatasi kemacetan. Lokasi yang akan dibangun antara lain di Klonengan-Prupuk, Dermoleng-Ketanggungan, Karangsawah, Kretek-Paguyangan, dan Kesambi.

Pembangunan lima flyover yang menghabiskan dana sebesar Rp 620 miliar ini ditargetkan akan rampung dalam 8 bulan mendatang.

Menteri , mengungkapkan jika lewat Kementerian sedang menyiapkan skenario alternatif untuk menghindari terulangnya kemacetan parah ‘Brexit’ di pintu keluar tol Brebes Timur ketika beberapa waktu lalu.

“Ini salah satu skenario alternatif untuk mencegah terulangnya kemacetan parah di pintu keluar tol Brebes Timur,” ujar Basuki ketika meninjau lokasi perlintasan KA di Klonengan-Prupuk, Tegal, , Kamis (11/8).

Basuki berharap, dengan dibangunnya flyover, maka saat arus lalu lintas sedang padat dapat dialihkan keluar tol lewat jalur Pantai Utara (Pantura).

“Saya kemarin baru menerima surat dari Kapolri, beliau merekomendasikan agar segera dibangun (flyover) tahun ini juga, untuk menghindari kemacetan seperti kemarin (saat arus 2016), dengan pengalaman seperti kemarin beliau kirim surat kepada kami, ini sudah darurat, jadi harus cepat,” ujar Menteri Basuki.

Basuki menambahkan, bahwa pada hari biasa ada 72 kali pemberhentian di lintas bidang . Dalam sekali pemberhentian membutuhkan waktu sekitar 5 menit, maka dalam sehari butuh waktu 6 jam untuk pemberhentian di .

“Saat arus mudik lebaran, paling tidak akan ada 92 kali pemberhentian karena ada tambahan frekuensi,” paparnya.

“Makanya, saya rencanakan dua bulan sekali kita monitor langsung ke sini,” tutup Menteri Basuki.

Tentang Masinis 182 Articles
Memulai karir menulis sejak duduk di bangku SMP sebagai layouter dan redaktur, dan membawa proses kepenulisannya hingga di bangku kuliah. 10 tahun terakhir aktif sebagai tenaga desainer di sebuah perusahaan yang berpusat di Malang. Beberapa tahun terakhir menjadi penumpang setia kereta api pagi rute Malang-Surabaya yang berangkat dari Stasiun Kotabaru jam 04.20 setiap hari. Sejak itu, penulis tertarik dengan segala hal tentang kereta api dan sistem transportasi publik.