50 Lokomotif Barang Didatangkan Untuk Operasi KA Luar Jawa

Jakarta – Untuk mendukung pergerakan jalur di wilayah Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi Selatan, PT Indonesia merencanakan akan mendatangkan 50 barang.

Ignasius Jonan, Direktur Utama yang ditemui saat acara BUMN Bersih diakntor Pusat Kementrian BUMN, Jakarta pada Rabu, 25 Spetember 2013 menjelaskan bahwa 50 lokomotif barang yang kan didatangkan merupakan tambahan dari 100 lokomotif yang telah didatangkan.

“Untuk 50 lokomotif ini sedang dalam pembicaraan. Kereta api itu harus sederhana, yah mestinya sudah sebentar lagi,” jelasnya kepada Liputan6.com.

Ignasius menyatakan pihaknya hingga saat ini belum dapat memastikan kapan lokomotif barang tersebut akan tiba. Namun kedatangan lokomotif barang ini telah dirancang pihak perseroan untuk menambah pergerakan kereta api yang berada di luar Jawa.

Pihak PT KAI untuk mendatangkan 50 lokomotif baru ini mendapatkan pinjaman dari pihak perbankan yaitu PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Negara Indonesia Tbk, dan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk.

“Untuk tahap harganya masih dalam proses penawaran. Kita menginginkan dana yang lebih murah dari sebelumnya. Karena kami kemarin sudah mendatangan 100 lokomotif,” ujarnya.

Untuk menambah jam operasi kereta api di luar jawa, pihak PT KAI juga membangun 5 kereta barang baru. kereta barang baru ini digunakan untuk mendukung dengan didatangkannya lokomtif baru. kereta barang tersebut akan dibangun di Provinsi dan .

Tentang Mirza Pratiwi 347 Articles
Kontributor berita, berasal dari Madiun: pusat pengembangan industri kereta api di Indonesia. Saat ini sedang menyelesaikan studi Teknologi Informasi di Universitas Negeri Malang. Penulis yakin bahwa masalah transportasi di Indonesia akan lebih baik jika difokuskan pada pembangunan sistem transportasi masal.