6 KA Jarak Jauh Bakal Berhenti di Stasiun Karawang, Ini Daftarnya

Arif Bijaksana, Kepala Dinas Perhubungan Karawang - wap.mi.baca.co.id
Arif Bijaksana, Kepala Dinas Perhubungan Karawang - wap.mi.baca.co.id

Karawang – Sekitar 6 api yang melintasi Karawang dipastikan bakal berhenti di tersebut. Adapun 6 yang dimaksud antara lain, tujuan Yogyakarta, Semarang, Pangandaran, dan Surabaya. Hal ini dilakukan agar masyarakat Karawang yang hendak bepergian ke arah timur dan selatan dapat memanfaatkan api.

KA yang diwajibkan berhenti di Stasiun Karawang adalah KA Jaka Tingkir Jakarta-Yogyakarta, KA Pangandaran Jakarta-Banjar, KA Kutojaya Utara Jakarta-Kutoarjo, dan  KA Tawang Jaya Premium jurusan Jakarta-Semarang. “Peran KA akan dioptimalkan dalam membantu masyarakat yang hendak bepergian. Masyarakat Karawang yang hendak bepergian menuju luar kota, kini bisa dijangkau dengan ,” kata Kepala Dinas Perhubungan Karawang, Arif Bijaksana, Kamis (26/4), seperti dilansir Pikiranrakyat.

Sebelumnya telah ada 2 kereta yang berhenti di Stasiun Karawang, yaitu KA Singasari dan KA Jayabaya yang melayani rute Surabaya dan Malang. “Jadi ada enam kereta api yang akan berhenti di Karawang,” ungkap Junior Manajer DAOP 1 Jakarta Asep Dodi Rahmat.

Wacana ini rupanya disambut baik oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang. Pasalnya, dengan adanya sejumlah kereta yang berhenti di Stasiun Karawang diperkirakan dapat menambah penumpang yang hendak bepergian dari dan menuju Karawang, khususnya warga Karawang. Selain itu juga memudahkan masyarakat yang akan melakukan perjalanan dengan kereta jarak jauh seperti ke Jogja dan Semarang.

“Tentunya ini kabar yang menggembirakan bagi masyarakat Karawang. Yang hendak ke Semarang atau Yogyakarta, dan ingin menggunakan kereta api tak perlu berangkat dari Jakarta,” ungkap Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana.

Sementara itu, Dodi menjelaskan jika pemberhentian KA Jaka Tingkir, KA Kutojaya Utara, KA Tawang Jaya Premium dan KA Pangandaran di Stasiun Karawang akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Terlebih karena Pemkab Karawang juga sangat mendukung rencana tersebut.

Kelak Stasiun Karawang tak hanya melayani KA Lokal Karawang-Tanjung Priuk saja, tetapi juga semua KA yang menuju sejumlah kota di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. “Sebelumnya sudah ada KA Singasari dan KA Jayabaya yang melayani ke Surabaya dan Malang. Jadi, nanti ada enam KA yang berhenti di Stasiun Karawang,” jelas Dodi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*