6 Kereta Sleeper Tambahan Siap Beroperasi Mulai Januari 2019

Raden Agus Dwinanto, Vice President Passenger Marketing PT KAI - ayobandung.com
Raden Agus Dwinanto, Vice President Passenger Marketing PT KAI - ayobandung.com

Jakarta – PT Indonesia (KAI) akan menambah 6 unit kereta kelas mewah dengan tempat tidur alias KA sleeper yang rencananya dioperasikan mulai Januari 2019 mendatang. Selain itu, KA sleeper dipersiapkan untuk melayani Jakarta- dan Jakarta-Surabaya dengan di atas Rp 1.000.000.

“Nanti di Januari kami pesan 6 unit (kereta) dari Madiun yang terdiri atas 26 seat. Ya tahun ini secara market masih kami tes, sampai Januari akhir. Harga, kami patok premium dalam arti dijual di atas Rp 1 juta,” ujar VP Passenger Marketing (KAI) Raden Agus Dwinanto di Jakarta Pusat, Jumat (16/11), seperti dilansir Kompas.

Selain itu, kereta dengan tempat tidur tersebut nantinya juga bakal melayani rute selatan seperti Yogyakarta, , dan Malang. Berbeda dari sebelumnya, 6 unit KA sleeper yang beroperasi tahun depan kabarnya berbeda dari 4 unit kereta sebelumnya karena kapasitasnya lebih banyak. “Karena kita melihat kebutuhan, yang tadinya hanya satu-satu kursinya, ini bisa dua-dua, jadi keluarga bisa bersebelahan,” jelas Agus.

Lantaran bisa mengangkut lebih banyak, KA sleeper tersebut diperkirakan bakal dibanderol lebih murah dibandingkan KA sleepers berkapasitas 18 kursi. “Tentunya harganya lebih murah, meskipun fiturnya dan ‘layout’-nya hampir sama,” jelasnya.

Agus menjelaskan, 6 unit KA sleeper tambahan itu akan melayani lintasan kereta di jalur selatan setelah sebelumnya hanya melayani rute Jakarta-Semarang-Surabaya. “Kita sudah tes pasar karena paling banyak penumpang kita itu ke Yogyakarta, diharapkan okupansinya bisa 90 persen,” ungkapnya.

Nantinya 4 KA sleeper akan dioperasikan ke Yogyakarta, sedangkan 2 sisanya ke Malang. Adapun harga atau tarif tiket KA sleeper Jakarta-Surabaya dibanderol Rp 1,35 juta, sedangkan Jakarta-Semarang Rp 1,1 juta, baik saat weekday (hari kerja) maupun akhir pekan (weekend).

Tadinya pihak KAI berencana mengoperasikan KA sleeper tambahan ketika masa angkutan Natal dan Tahun Baru 2019, tetapi ternyata tak terkejar dan hingga kini masih dalam pengerjaan PT Industri Kereta Api (INKA). KA sleeper dilengkapi fasilitas layaknya pesawat first class yang dapat digunakan untuk tidur, serta ditunjang fasilitas hiburan seperti TV, sajian makanan, dan masih banyak lagi.