6 Kereta yang Lewati Jalur Kereta Ekstrem di Dunia

Setiap orang memiliki kesan tersendiri ketika bertraveling dengan kereta. Terlebih lagi, jika telah menempuh banyak perjalanan kereta melalui jalur dengan pemandangan berbeda. Namun, 6 kereta di 6 negara ini melalui di dunia.

Minami Aso Railways, Jepang

minami aso railways
Minami Aso Railways, Jepang (foto: detik.com)

Minami Aso Railways merupakan jalur yang melintasi Gunung Aso . Gunung Aso merupakan gunung teraktif di Jepang. Minami Aso Railways terletak di Kumamoto Perfecture yang merupakan tempat wisata alam yang menjadi favorit para pelancong.

Jalur kereta yang meliuk ini, melintasi pegunungan, ngarai, lembah serta jurang yang dalam. Kebanyakan wisatawan lebih memilih naik kereta pada musim panas atau semi. Padahal di musim gugur, ketika melewati jalur ini, akan terlihat pemandangan pegunungan yang seakan-akan berubah menjadi lautan emas.

Georgetown Loop Railroad, Amerika Serikat

georgetown loop railroad
Georgetown Loop Railroad, Amerika Serikat (foto: detik.com)

Di wilayah barat daya Colorado, terdapat sebuah tambang perak yang aktif sejak akhir abad ke-19. Untuk mengangkut hasil tambang, sejak saat itu di operasikan kereta uap. Sedangkan jalur kereta yang dilewatinya akan melintasi 4 jembatan tinggi.

Diantara keempat jembatan, yang paling ekstrem adalah Devil’s gate High Bridge. Jembatan terkenal ini memiliki tinggi 30 meter dan melintasi jurang. Ketika melalui jembatan ini. Kereta uap akan berjalan sangat pelan dan membuat para traveler tegang.

Chennai-Rameswaram Route, India

Chennai-Rameswaram Route
Chennai-Rameswaram Route, India (foto: detik.com)

Di pesisir tenggara India, satu-satunya moda untuk mecapai Pulau Rameswaram adalah kereta api. Kereta api ini melewati sebuah jembatan dengan pangjang 2,25 KM. Jembatan yang diberi nama Pamban Bridge ini dibangun pada tahun 1915. Yang mengerikan, jembatan yang menjadi jalur kereta api ini melintasi laut lepas.

White Pass & Yukon Route, Alaska

white pass
White Pass and Yukon Route, Alaska (foto: detik.com)

Pada tahun 1898 di Alaska dibangun sebuah jalur kereta api uap yang bernama White Pass & Yukon Route. Jalur ini dikunjungi lebih dari 450.000 wisatawan setiap tahunnya. Para wisatawan akan diajak menanjak dengan kereta hingga ketinggian hampir 1.000 mdpl.

Di jalur sepanjang 32 Km ini, terdapat sebuah jembatan ekstrem, yaitu Captain William Moore Bridge. Jembatan ini dibangun pada tahun 1901 dengan panjang 33 meter dan melewati jurang yang dalam.

Tren a las Nubes, Argentina

tren a las nubes
Tren a las Nubes, Argentina (foto: detik.com)

Jalur yang dibangun pada tahun 1921, namun baru selesai di tahun 1948 ini, juga termasuk jalur ekstrem. Tren a las Nubes menghubungkan Salta yang berada di wilayah utara Argentina dan Polvorilla yang terletak di perbatasan Chile.

Tren a las Nubes menjadi salah satu jalur kereta ekstrem di dunia karena kereta yang melewati jalur ini akan melewati 21 terowongan, 13 jembatan, serta jalur spiral bahkan zig-zag.

Argo Gede,

argo gede
Argo Gede, Indoneisa (foto: detik.com)

Argo Gede merupakan kereta yang beroperasi di jalur Jakarta-Bandung. Dari tol Cipularang akan terlihat kereta ini melalui sebuah jembatan tinggi. Jembatan yang dilalaui Argo Gede tersebut merupakan jalur kereta paling ekstrem.

Sepanjang perjalanan kereta Argo Gede, jalur yang dilintasi kebanyakan adalah jembatan tinggi di atas jurang. Namun yang tidak kalah menarik adalah pemandangan indah dengan sungai yang meliuk dibagian bawah jalur kereta.

Tentang Dinar Firda Rosa 263 Articles
Peminat studi Teknik Informatika, saat ini bermukim di Malang - Jawa Timur