Ada Kecelakaan, Kereta Api ke Surabaya & Malang Terhenti di Solo

Sragen (KA) relasi Malang-Bandung ketika sedang melewati Desa Grompol, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, Sabtu (29/10) malam. Kereta tersebut menyerempet truk yang mengangkut alat berat di lintasan antara Miri sampai Masaran.

Kepala Humas (KAI) Daop 6 Yogyakarta, Eko Budiyanto mengatakan jika kejadian berlangsung pukul 22.20 WIB. “Perjalanan kereta terlambat, karena harus berhenti di petak jalan untuk perbaikan loko. Tidak ada korban jiwa atau luka, karena kereta sempat direm dan berhenti,” tutur Eko.

Meski di lokasi perlintasan terdapat palang KA yang sudah tertutup dan dijaga petugas, tampaknya karena jarak yang terlalu dekat maka badan KA menyenggol backhoe yang ada di atas truk. Sebagai akibatnya, hampir seluruh perjalanan kereta dari Solo yang menuju ke Surabaya dan Malang mengalami keterlambatan sekitar 2,5 jam.

“Ini semua kereta berhenti menunggu perbaikan. Rel baru bisa dilewati pukul 05.00,” ujar petugas, Minggu (30/10). Sejumlah kereta jurusan Surabaya dan Malang yang berhenti di Stasiun Balapan adalah KA Malabar, KA Bima, dan KA Mutiara Selatan.