Ahok Janjikan Rusunawa dan Yakinkan Jonan Tambah Kereta

– Basuki Tjahaja Purnama, Wakil Gubernur Jakarta, mengatakan, pihaknya menginginkan agar publik di Ibukota dipimpin oleh berbasis rel. Terutama rel listrik (KRL) yang sekarang telah banyak digunakan, serta Mass Rapid Transit (MRT) dan Monorail yang sedang dalam pengerjaan .

ā€œSaya setuju kebijakan pola transportasi makro. Kita harus utamakan yang berbasis rel. Kita pengin transportasi makro dipimpin kereta rel listrik,” ungkap Wagub yang akrab disapa tersebut di Balaikota DKI Jakarta, Kamis (5/12/2013).

Ahok juga mendukung penambahan gerbong-gerbong serta pembangunan loopline (kereta layang) yang kedua. Karena, menurut Ahok, nantinya juga akan ada KRL khusus yang langsung menuju Soekarno-Hatta. Harapannya, jalur dan daya angkut KRL Ibukota akan semakin bertambah.

Untuk membuktikan keseriusannya, Ahok secara langsung menunggu dan menemun Jonan, hanya untuk mengatakan bahwa Jakarta butuh kereta.

“Saya pergi ke rumah Pak Jonan. Ini wagub loh, tapi mau nungguin dia. Pas ketemu, saya bilang ‘Pak, DKI butuh kereta’. Ini orang (Jonan) emang belagu, tapi dia hebat. Beliau tidak butuh duit kita, cuma butuh pengakuan kalau DKI memang butuh kereta,” ujar Ahok sambil tertawa.

Selain itu, Ahok juga menjanjikan pembangunan rumah susun sederhana sewa () di lahan milik PT KAI. ini, rencananya akan dibangun di atas kereta api.

“Orang yang kurang beruntung tinggalnya di atas stasiun kereta api, jadi tinggal turun (rusunawa), naik (kereta api). Enak kan?” ujarnya.

Nantinya rusunawa ini akan terintegrasi dengan halte bus untuk memudahkan masyarakat dalam menjangkau transportasi. Namun, realisasi pembangun rusunawa ini masih menunggu fisik Mass Rapid Transit (MRT) selesai.

“Sudah ada lahannya, Kampung Bandan, tapi masih tunggu MRT kan. Yang di Manggarai lagi kita pikirkan. Ada beberapa tempat lah,” jelasnya dia.

Ahok berjanji rusunawa tersebut akan disewakan dengan tarif yang sangat murah. Tujuannya agar masyarakat dengan menengah kebawah bisa menjangkaunya.

Tentang Dinar Firda Rosa 263 Articles
Peminat studi Teknik Informatika, saat ini bermukim di Malang - Jawa Timur