Ahok Minta Kemenhub Segera Bangun Jalur Layang Kereta

– Pasca Tragedi II, Basuki Tjahaja Purnama, Wakil Gubernur DKI Jakarta, meminta agar Kementrian Perhubungan mempercepat atau elevated rail. Menurutnya, dapat mencegah dan mengurangi kecelakaan kereta.

“Menhub mengatakan prosesnya bisa lima tahun, tapi kami meminta dibikin dua tahun selesai,” ujar , sapaan akrab Basuki, kepada wartawan saat ditemui di kantornya pada Selasa (10/12/2013).

Permintaan DKI Jakarta ini dilandasi terjadinya kecelakaan antara KRL Commuter Line dan truk tangki BBM di perlintasan Bintaro.

Ahok menilai kecelakaan tersebut sepenuhnya merupakan masalah disiplin masyarakat, terutama pengguna jalan yang tidak patuh pada aturan lalu lintas. Ahok menambahkan, seharusnya seluruh perlintasan jalur kereta api berupa flyover dan underpass.

Dalam kesempatan tersebut, Ahok juga mengatakan, dirinya telah bertemu dengan E.E. Mangindaan, Menteri Perhubungan untuk membahas elevated loopline tersebut.

“Beliau mengatakan lima tahun karena ada pertimbangan kajian dampak kemacetan,” ungkapnya.

Menurut Ahok, dengan lama waktu pembangunan selama lima tahun, dampak kemacetan bertambah sekitar 47 persen. “Kalau dikejar hingga dua tahun, kemacetan bisa mencapai 60 hingga 70 persen,” kata Ahok.

Namun, ia lebih memilih dampak kemacetan yang lebih besar dengan durasi penyelesaian elevated loopline yang lebih cepat. “Mau yang 47 atau 60 persen kami tetap dimaki-maki, kok,” kata Ahok.

Manurut Ahok, Menhub menanggapi baik keinginnanya tersebut meski berakibat kemacetan yang akan semakin terasa di Jakarta. “Risikonya, kan, paling kami tidak dipilih lagi di 2017,” ujarnya enteng.

Terkait perlintasan sebidang berupa flyover dan underpass, menurut Ahok, hanya akan dikejar pada titik-titik perlintasan kereta api yang tidak dilewati elevated loopline.

“Itu pun harus disesuaikan dengan desain dan integrasinya dengan moda Monorail dan MRT nanti,” ungkapnya.

Salah satu titik perlintasan yang dimaksud adalah perlintasan kereta Gunung Sahari. “Selebihnya saya tidak hafal,” akunya.

Menurut Ahok, pembangunan perlintasan sebidang tersebut akan dimulai tahun 2014 mendatang. Kereta api merupakan jenis moda transportasi yang akan sangat diandalkan di masa depan. “Makanya untuk dalam kota diusahakan bisa jalur layang atau bawah tanah,” tegasnya.

Tentang Dinar Firda Rosa 263 Articles
Peminat studi Teknik Informatika, saat ini bermukim di Malang - Jawa Timur