Aktifkan Jalur Kereta Jakarta Sukabumi, Dahlan Izin Presiden

Dahlan Iskan, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyatakan permintaan izin kepada Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono untuk mengaktifkan kembali jalur . Saat ini jalur Jakarta Sukabumi sudah tidak beroperasi lagi.

Dalam acara Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) di kompleks Secapa, Sukabumi, Jawa Barat, Dahlan menjelaskan bahwa rencana pengaktifan jalur Jakarta Sukabumi ini bukanlah rencana dari kementrian. Karena hal tersebut pihaknya harus meminta izin kepada Presiden.

“Sebetulnya ini bukan tugas kami, tetapi kami mohon izin Bapak (SBY), jika diperkenankan, BUMN siap melaksanakan itu,” ujarnya.

Saat ini masyarakat banyak sekali yang mengeluhkan tentang sulitnya akses jalur darat dari Jakarta menuju Sukabumi. Karena keluhan inilah mendasari Dahlan Iskan untuk mengeluarkan rencana ini.

Upaya Dahlan Iskan ini rupanya didukung pula oleh para petinggi BUMN lainnya pada saat acara tersebut.  Banyak petinggi yang berkomitmen untuk mendukung BPJS.

“Semalam, para dirut BUMN juga mengeluh kesulitan,” tambah Dahlan

Dahlan juga telah melakukan survei tentang keluhan yang disebutkan oleh masyarakat. Dia juga telah melakukan survei untuk infrastruktur dari jalur KA Jakarta Sukabumi.

Pihaknya mengungkapkan bahwa anggaran untuk mengaktifkan kembali jalur ini tidak akan memerlukan anggaran yang besar. Karena infastruktur dari rel kereta api masih terlihat baik.

“Kami sudah melihat, relnya masih bagus dan tinggal mengirim -gerbongnya,” ungkapnya.

Tentang Mirza Pratiwi 347 Articles
Kontributor berita, berasal dari Madiun: pusat pengembangan industri kereta api di Indonesia. Saat ini sedang menyelesaikan studi Teknologi Informasi di Universitas Negeri Malang. Penulis yakin bahwa masalah transportasi di Indonesia akan lebih baik jika difokuskan pada pembangunan sistem transportasi masal.