Alamat dan Nomor Telepon STASIUN GUBENG Surabaya

(SGU) merupakan salah satu stasiun yang terletak di daerah Gubeng, . Stasiun ini beroperasi di bawah pengawasan PT Kereta Api (Persero) Daerah Operasi VIII. Di antara Stasiun KA yang tersedia di , lah yang paling besar dan menjadi lokasi keberangkatan utama Kereta Api dari Kota dari jalur selatan (via Yogyakarta). Sedangkan untuk KA yang melaju melalui jalur utara (via Semarang), biasanya diberangkatkan dari Stasiun Pasar Turi (SBI).

Berikut dan Stasiun Gubeng Surabaya,

Stasiun Gubeng (SGU)

Jl. Gubeng Masjid 1, Pacarkeling, Surabaya Pusat 60131

Telp. +6231 – 5033 115

Beberapa Kereta Api yang diberangkatkan dari Stasiun Gubeng terdiri dari kereta api kelas , Bisnis, Campuran -Bisnis, dan kelas . Berikut daftarnya,

Kelas

Nama KA

Rute yang Dilewati

Kelas Eksekutif Argo Wilis Surabaya, Bandung
Bima Surabaya, Gambir, Jakarta
Turangga Surabaya, Bandung
Kelas Eksekutif & Bisnis Mutiara Timur Surabaya, Banyuwangi
Sancaka Surabaya, Yogyakarta
Kelas Bisnis Mutiara Selatan Surabaya, Bandung
Kelas Ekonomi Delta Ekspres (KA komuter) Surabaya-Sidoarjo
Arek Surokerto (KA komuter) Surabaya-Mojokerto
Gaya Baru Malam Selatan Surabaya, Jakarta Kota
Logawa Surabaya, Jember, atau Purwokerto
Pasundan Surabaya, Kiaracondong, Bandung
Penataran Surabaya, Blitar lewat Malang
Rapih Dhoho Surabaya, Blitar lewat Kertosono
Sri Tanjung Surabaya, Lempuyangan, Yogyakarta, atau ke Banyuwangi

Stasiun Gubeng memiliki 6 jalur kereta api, dimana Jalur 1 (paling barat) digunakan untuk pemberangkatan KA Ekonomi ke arah selatan, Jalur 2 digunakan untuk kedatangan KA Ekonomi dari arah selatan, Jalur 3 dan 4 untuk persinggahan beberapa KA dan sebagai jalur langsung untuk KA Barang, Jalur 5 untuk pengalihan jalur kedatangan beberapa KA jika jalur sedang 6 digunakan, dan jalur 6 (paling timur) untuk pemberangkatan dan kedatangan KA campuran, ekonomi, dan Eksekutif.

Lokasi Stasiun Gubeng sangat strategis di bilangan kota Surabaya, yakni di sekitar area Monumen Kapal Selam serta dekat dengan pusat perbelanjaan seperti Grand City Mall dan Delta Plaza. Bangunan Stasiun Gubeng Surabaya awal mulanya didirikan pertama kali di sisi barat rel KA, barulah pada pertengahan dekade 1990-an didirikan bangunan stasiun baru di sisi timur rel KA. Bangunan stasiun Gubeng yang baru ini dikonsep dengan lebih luas dan bentuk arsitektur yang lebih modern. Ruang tunggu dibuat senyaman mungkin dengan adanya LCD TV sebagai Display Information dan live music di ruang tunggu VVIP ini.

1 Comment

  1. PT KAI tentunya mengharapkan makin banyak penumpang yg menggunakan jasa KA.
    Saat ini pembeli tiket KA semakin banyak karena fasilitas yg diberikan PT.KAI semakin baik.
    Di loket pemesanan tiket, selalu terlihat orang berjubel mengantri di depan loket.
    Sistem Nomor Antrian sudah bagus, tapi kursi tunggu yg tersedia hanya utk 20 orang, sedangkan nomor antrian bisa mencapai >100 apalagi menjelang hari libur.
    Ada 5 kursi pijat yg disewakan yg sepi perminat.
    Saya usul, jumlah kursi tunggu ditambah sampai 100 kursi. Space ruang masih cukup bila kursi pijat mubazir itu dihilangkan.
    Semua ini agar Stasiun Gubeng bisa lebih baik, nyaman & rapi, tidak seperti sekarang dimana banyak orang lesehan di lantai karena tidak ada kursi, shg tdk sedap dipandang mata.
    Ayo kita benahi agar bisa seperti stasiun2 di luar negeri yg nyaman, bersih, tertib & on-time.
    Salam Damai Sejahtera !!

Komentar ditutup.