Antisipasi Demo, KAI Alihkan Keberangkatan Kereta Api dari Gambir ke Jatinegara

Jakarta – Untuk mengoptimalkan terhadap masyarakat, (KAI) mengantisipasi terjadinya aksi demonstrasi pada Jumat (4/11) besok dengan mengubah jarak jauh dari Gambir ke Jatinegara.

Senior Manager Humas Daop 1 Jakarta, Sapto Hartoyo mengatakan langkah ini diambil oleh KAI sebagai antisipasi kemacetan yang akan terjadi akibat adanya unjuk rasa di Masjid Istiqlal menuju Balai Kota melalui Stasiun Gambir.

“Hal itu dikhawatirkan bisa berimbas dengan terhambatnya calon penumpang KA yang akan naik di Stasiun Gambir, maka Daop 1 Jakarta pada hari Jumat, 4 November akan memberhentikan KA di Stasiun Jatinegara,” papar Sapto, Rabu (2/11).

Kebijakan tersebut telah diterapkan mulai keberangkatan KA 14 (Argo Muria) yang berangkat pukul 07.00 WIB hingga KA 48 (Sembrani) yang berangkat jam 19.15 WIB. “Para penumpang yang sudah memiliki /kode booking KA pada jam keberangkatan tersebut dapat naik dari Stasiun Jatinegara,” katanya.

Lebih lanjut Sapto berpesan agar para calon penumpang memastikan nama yang tertulis pada tiket/kode booking sama dengan nama pada kartu identitas. Beberapa KA yang berhenti di Jatinegara antara lain Argo Muria, Argo Dwi Panggah, Parahiyangan, Taksaka, Tegal Bahari, Argo Anggrek, Argo Jati, Cirebon Ekspress, Bangunkarta, Sindoro, Bima, Gajayana, dan Sembrani.

Sedangkan Transjakarta bakal tetap beroperasi normal seperti biasanya di seluruh rute dan koridor. “Transjakarta tetap melayani pelanggan,” ujar Budi Kaliwono, Direktur Utama PT Transjakarta. Budi menjelaskan bahwa Transjakarta akan melayani penumpang 24 jam setiap harinya.