Antisipasi Lonjakan Penumpang, KAI Daop 1 Jakarta Tambah 6 Perjalanan Kereta

Senior Manager Humas PT KAI DAOP I Jakarta, Suprapto - news.akurat.co

Jakarta – Menjelang libur Paskah yang jatuh pada akhir pekan, Jumat (14/4), PT Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta mempersiapkan 6 tambahan untuk mengakomodir kepadatan . Berdasarkan data dari KAI, KA pada tanggal favorit, yaitu 13-14 April sudah habis terjual. Di samping itu KA tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur juga sudah ludes.

“Karena permintaan meningkat, kita tambah enam perjalanan ke kota tujuan yang okupansinya penuh,” kata Senior Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Suprapto, Selasa (11/4).

Suprapto mengungkapkan bahwa 6 tambahan perjalanan tersebut terdiri dari 2 KA Gambir-Bandung untuk tanggal 14, 22, dan 25 April, kemudian 2 KA Gambir-Cirebon keberangkatan 17 April, dan 1 KA Gambir-Surabaya Gubeng keberangkatan 13 dan 22 April 2017.

“Total tempat duduk kereta api tambahan ini berjumlah 2.500 slot. Penjualannya mulai hari ini (kemarin), langsung update, silakan beli,” papar Suprapto.

Untuk sementara ini yang masih tersisa adalah KA Tegal Bahari tujuan Tegal, KA Argo Anggrek Malam dan KA Sembrani tujuan Surabaya Pasar Turi, KA Argo Jati tujuan Cirebon dan Argo Parahyangan tujuan Bandung. “Sementara, untuk KA keberangkatan dari Pasarsenen hari Kamis – Jumat (13 – 14 April) hampir semua KA sudah mencapai 100% okupansinya,” imbuhnya.

Lebih lanjut Suprapto menjelaskan jika secara umum penumpang jarak menengah dan jauh di wilayah Daop 1 Jakarta pada hari Senin-Selasa sekitar 18.000-22.000 penumpang per hari. Sedangkan saat akhir pekan, yakni Jumat-Minggu sekitar 28.000-31.000 penumpang per hari. Dan saat libur panjang bisa sekitar 30.000-33.000 penumpang per hari.

Sementara itu data sisa tempat duduk bisa berubah-ubah hanya dalam hitungan detik. “Untuk kenyamanan pengguna jasa KA, agar menghindari membeli tiket dari penawaran jasa perorangan yang akan merugikan konsumen, pastikan reservasi melalui agen atau channel-channel resmi yang bekerjasama dengan ,” tandasnya.