Arab Saudi Akan Belajar Tentang Perkeretaapian di Indonesia

swi handoyo, atase Indonesia di arab Saudi
swi handoyo, atase di
sumber :detik.com

Makkah – Arab saudi saat ini sedang berlomba untuk memperbaiki massal diwilayah mereka terutama . Arab Saudi akan mengoperasikan kereta mulai dari Bandara Jeddah ke Mekkah, Madinah, Mina dan Mudzalifah. Pengoperasian kereta ini nantinya untuk digunakan para jamaah haji yang sedang beribadah di negara tersebut.

“Untuk SDM pengelolaan dan perawatan kereta api, mereka akan belajar dari kita,” ujar Atase Perhubungan RI, Swi Handoyo.

Menurut Swi, para staf dan pekerja di bagian transportasi kereta api di Arab Saudi akan  mendapatkan pelatihan beberapa waktu di Indonesia.

“Desember mendatang baru akan dimulai,” imbuhnya.

Pertemuan adan kedua negara tentang kerjasama transportasi kereta api ini telah dilakukan. Pihak dari Indonesia dan Arab Saudi telah bertemu dan membicarakan tentang rencana ini.

“Kita harapkan ini bisa meningkatkan keterampilan pegawai kereta api di Saudi,” ungkapnya.

Di negara ini telah terdapat kereta api ke wilayah-wilayah yang biasa digunakan ibadah haji, namun hingga saat ini pemanfaatan kereta ini kurang maksimal.

Tentang Mirza Pratiwi 347 Articles
Kontributor berita, berasal dari Madiun: pusat pengembangan industri kereta api di Indonesia. Saat ini sedang menyelesaikan studi Teknologi Informasi di Universitas Negeri Malang. Penulis yakin bahwa masalah transportasi di Indonesia akan lebih baik jika difokuskan pada pembangunan sistem transportasi masal.