Asyik, Hari Ini KAI Operasikan KA Sancaka Tambahan dari Surabaya ke Yogyakarta

Kereta tambahan - surabaya.tribunnews.com
Kereta tambahan - surabaya.tribunnews.com

– Untuk mengakomodir tingginya peminat pada akhir pekan, (KAI) mengoperasikan kereta dari Surabaya ke Jakarta. Kereta yang dioperasikan adalah KA Sancaka tambahan. Kereta tersebut diberangkatkan dari Surabaya mulai hari ini, Sabtu (28/10).

Menurut Manajer Angkutan Penumpang Daop 8 Surabaya Agus Dwinanto, langkah ini dilakukan karena terdapat tren kenaikan penumpang untuk Surabaya-Yogyakarta. “Setiap kali weekend banyak penumpang yang kehabisan selama ini. Kami ingin layani mereka agar tetap bisa menikmati perjalanan KA ke Yogyakarta,” jelas Agus, Jumat (27/10), seperti dilansir Tribunnews.

KA Sancaka tambahan relasi Surabaya Gubeng-Yogyakarta tersebut memiliki kapasitas angkut sebanyak 300 penumpang. Harga tiket KA Sancaka tambahan dibanderol dengan harga Rp 210 ribu dan akan berangkat dari Surabaya Gubeng pada jam 18.15 WIB dan dijadwalkan tiba di Yogyakarta pukul 23.45 WIB. “Tiket sudah bisa dipesan langsung melalui channel eksternal maupun internal. Termasuk di minimarket,” jelas Agus.

Lebih lanjut Agus memaparkan bahwa ketika weekend biasanya permintaan mengalami kenaikan, terutama penumpang rombongan yang berencana pergi ke Kota Yogyakarta. Beberapa di antara mereka bahkan menyewa atau kereta khusus untuk bepergian ke Jogja. “Untuk mengakomodasi penumpang di luar rombongan kami siapkan Sancaka tambahan demi menambah kapasitas seat,” tandas Agus.

Sementara itu, belum lama ini PT KAI juga menyediakan fasilitas e-boarding pass untuk perjalanan kereta api jarak jauh. Dengan adanya fasilitas e-boarding pass, penumpang kereta jarak jauh bisa menunjukkan boarding pass elektronik di smartphone tanpa harus mencetak boarding pass. Agar dapat menggunakan e-boarding pass, penumpang tinggal mengunduh aplikasi KAI Access di smartphone.

“Tentunya, dengan adanya e-boarding pass, para pengguna transportasi moda kereta api semakin dimudahkan. Pasalnya, penumpang cukup menunjukkan e-boarding pass yang terpampang pada layar smartphone mereka kepada petugas boarding, tanpa harus ke mesin cetak boarding pass CIC (Check In Counter). Jika sudah mendapatkan e-boarding pass melalui aplikasi kai access, otomatis penumpang tidak dapat mencetak boarding pass di mesin CIC di stasiun, atau sebaliknya,” jelas Senior Manager Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Suprapto, Senin (23/10).